Mahfud MD: Ada Kemungkinan Jokowi Cawe-cawe Urusan Pilkada


Pegiat media sosial Rudi Valinka merasa sudah pantas rakyat hanya memberi suara calon wakil presiden (cawapres) nomor urut tiga dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Mahfud MD 16 persen di Pilpres 2024.

Pasalnya Mahfud MD berprasangka buruk terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan mengingatkan terdapat potensi cawe-cawe presiden di pemilihan kepala daerah (Polkada) DKI Jakarta 2024.

"Orang kalo Kalah memalukan bisa jadi sepicik gini. Jokowi yang sudah bantu dia dari 2x keterpurukan gagal jadi cawapres 2014 dan 2019 lalu diangkat jadi menteri aja bisa dendam dan berprasangka buruk gini. Sudah pantas rakyat kasih dia hanya 16%.. Low Bat," ucap Rudi, dikutip dari akun X pribadinya, Senin (4/3).

Cawapres nomor urut tiga Mahfud MD mengingatkan terdapat potensi cawe-awe presiden dalam menentukan gubernur serta wakilnya di DKI Jakarta, sehingga dirinya meminta agar masyarakat mengawal dan mengawasi pembahasan Rencana Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (DKJ) di DPR.

Mantan Menko Polhukam itu mengatakan terdapat skenario lain presiden akan memilih nama-nama yang diajukan DPR untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta setelah penolakan wacana penunjukan langsung oleh presiden.

"Saya juga minta agar mengawal pembahasan RUU Daerah Khusus Jakarta. Karena UU itu harus dibuat karena sudah ada UU IKN," kata Mahfud kepada wartawan di kawasan Senayan, Jumat (1/3).

"Tapi ada satu isi, di mana di situ sangat mengecoh kalau Saudara tidak hati-hati, yaitu Gubernur DKI semula dipilih oleh presiden langsung karena daerah khusus," lanjut Mahfud.

Ia merasa hal tersebut berpotensi menciptakan kronisme baru dan merupakan akal-akalan serta cawe-cawe presiden dalam menentukan pemimpin untuk Ibu Kota. 

"Masyarakat [jika] tidak setuju, maka kesepakatan sementara itu nanti Gubernur DKI itu akan dipilih dua nama oleh DPR dan diserahkan kepada presiden, presiden menentukan satu. Ini bisa berpotensi kronisme lagi," tutur Mahfud.

Related

News 8112320885172933173

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item