Pencuri Laptop dalam Bus Tertangkap, Tapi Dilepas Kembali


Aksi pencurian laptop milik penumpang bus AKAP yang berujung keributan dan pelakunya diamankan di Klaten jadi viral di media sosial. Dua orang terduga pelaku pencurian itu akhirnya dilepas karena korban ogah membuat laporan resmi dengan alasan laptopnya sudah kembali.

"Modusnya (terduga pelaku) mengganti laptop yang diambil dengan buku. Aksi itu dilakukan di perjalanan," kata Kaur Bin Ops Sat Reskrim Polres Klaten, Iptu Umar Mustofa, Kamis (22/2/2024).

Dijelaskan Umar, keributan aksi pencurian laptop itu terjadi saat bus melintas di Terminal Ir Soekarno Klaten. Dari kejadian itu diamankan dua orang terduga pelaku. "Diamankan dua orang. Korbannya orang Jogja dan juga terduga pelakunya," kata Umar.

Menurut Umar, korban saat itu dalam perjalanan dengan bus AKAP dari Malang menuju Jogja. "Kejadiannya atau locus pencuriannya di luar Klaten, mungkin setelah dari terminal Solo. Tapi baru diketahui saat di Klaten," lanjut Umar.

Dua orang terduga pelaku pencurian itu akhirnya dipulangkan karena korban tidak mau membuat laporan resmi ke kepolisian.

"Alasannya tidak mau repot membuat laporan, dimintai keterangan, sampai nantinya diperiksa di sidang pengadilan. Biasanya terduga kita data, membuat pernyataan dan dikenakan wajib lapor," sebut Umar.

Kasi Humas Polres Klaten AKP Abdillah menambahkan, korban tidak mau melanjutkan perkara tersebut dengan beberapa pertimbangan.

"Karena kesibukannya, (korban) tidak menginginkan proses berlarut-larut yang memakan waktu baginya. Korban hanya menuntut tersangka membuat pernyataan tidak akan mengulang kembali serta diberikan sanksi wajib lapor," kata Abdillah.

Sebelumnya diberitakan, aksi pencurian laptop bermodus menukar laptop dengan buku tertangkap di Klaten dan viral. Terduga pencuri itu lalu dibawa turun dari bus oleh penumpang lain.

Kejadian tersebut diunggah akun Instagram merapi_uncover dan info cegatan Klaten pada Rabu (21/2). Akun tersebut menarasikan terduga pelaku ditangkap di dalam bus.

"Maling tertangkap di bus, sindikat nuker laptop dengan buku, kecekel neng Klaten," bunyi kalimat pengantar dalam postingan.

Koordinator terminal Ir Soekarno Klaten, Marjono membenarkan ada kejadian tersebut di Klaten. Kejadian saat bus melintas di terminal Klaten dini hari.

"Bus itu hanya melintas di Klaten. Bus jurusan Malang-Cilacap," ungkap Marjono, Kamis (22/2).

Related

News 3669090851206943112

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item