Prabowo Singgung Malin Kundang: Kebaikan Dibalas Pengkhianatan


Calon Presiden dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto, menyinggung sosok Malin Kundang. Ia mengingatkan soal kebaikan saat menyebut karakter dalam dongeng rakyat Sumatera Barat itu.

Prabowo menyampaikan ini dalam acara konsolidasi bersama KIM, relawan dan Masyarakat Sumatera Utara di GOR Pancing, Medan, Sumatera Utara pada Sabtu, 13 Januari 2024. Awalnya ia mengulangi pernyataannya soal pembangunan negara, dan pasangan Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka merupakan kelanjutan dari Presiden Joko Widodo.

“Kita harus menghargai pemimpin-pemimpin kita yang baik. Jangan menjadi Malin Kundang, jangan kebaikan kita balas dengan penghianatan, jerih payah dibalas dengan kedengkian," kata Prabowo, dikutip dari keterangan tertulis.

Cerita rakyat Malin Kundang mengisahkan tentang seorang anak yang tidak tahu berterima kasih. Malin – karakter utama dalam foklor tersebut melakukan pembangkangan kepada ibunya. Sebagai pembalasan, sang bunda mengutuk Malin menjadi batu.

Pernyataan Prabowo di Medan terlontar di tengah persaingan politik jelang pemilihan presiden atau Pilpres 2024. Dalam kontestasi, dia akan melawan Calon Presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Calon Presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Ganjar Pranowo.

Jasa Prabowo untuk keberlangsungan karier Anies di politik muncul lagi setelah keduanya bersaing untuk Pilpres 2024. Anies berulang kali mengkonfrontasi Prabowo, dengan misalnya menyoroti sejumlah hal mulai dari pembelian alat utama sistem persenjataan (alutsista) bekas oleh Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang dipimpin Prabowo, laman Kemenhan yang diretas pada 2023, lahan seluas 340 ribu hektare milik Prabowo, hingga memberikan penilaian 11 dari 100.

Partai Gerindra, yang dipimpin Prabowo, merupakan salah satu partai yang mengusung pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno pada Pilgub DKI Jakarta 2017. Selain Gerindra, pasangan itu juga diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan serangan Anies ke Prabowo itu sebagai upaya menjatuhkan reputasi. Ia menyebut Anies bak tidak mengingat jasa Prabowo. “Dalam konteks ini, Anies sepertinya menganggap Prabowo bukan siapa-siapa,” kata Muzani saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, pada Jumat malam, 12 Januari 2024.

Juru Bicara Timnas pasangan calon presiden Anies Baswedan dan wakil presiden Muhaimin Iskandar (Amin), Mustofa Nahra, mengatakan ungkitan mengenai jasa ke Anies sudah usang. Nahra mengatakan komitmen Anies tak melawan Prabowo berlaku untuk lima tahun.

“Ini jangan diulang lagi, kaset lama yang diputar-putar. Nggak bermutu,” kata Nahra dalam diskusi di kawasan Pela Mampang, kawasan Jakarta Selatan, pada Sabtu, 13 Januari 2024.

Related

News 5055815476870120017

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item