Sinopsis Film Oppenheimer, Kisah Kehidupan Pencipta Bom Atom


Oppenheimer merupakan film biopik thriller yang bercerita tentang bapak bom atom, J. Robert Oppenheimer. Film itu diangkat dari buku karya Kai Bird dan Martin J. Sherwin yang berjudul American Prometheus.

Film Oppenheimer disutradarai oleh Christopher Nolan dengan menggandeng Cillian Murphy sebagai bintang utama. Berikut sinopsis film Oppenheimer.

J. Robert Oppenheimer merupakan fisikawan di balik pembuatan senjata nuklir pertama dalam Proyek Manhattan pada era Perang Dunia II.

Sebelum menjadi fisikawan yang memimpin proyek itu, Oppenheimer merupakan mahasiswa Universitas Cambridge yang kemudian pindah ke Gottingen hingga mendapatkan gelar profesor.

Oppenheimer kemudian meneruskan kariernya sebagai dosen. Di sisi lain, ia mulai mendukung gerakan-gerakan reformasi hingga dicap sebagai salah satu anggota partai komunis meskipun ia terus membantah tuduhan itu.

Franklin D. Roosevelt yang pada 1939 sedang menjabat sebagai presiden Amerika Serikat khawatir dengan Jerman, yang berada di bawah kepemimpinan Adolf Hitler, sedang mengerjakan senjata nuklir.

Hal tersebut membuat Amerika Serikat mengembangkan senjata nuklirnya sendiri yang dimulai pada 1942. Pihak AS menggandeng sejumlah ilmuwan yang dipimpin oleh Oppenheimer dan di bawah arahan Jenderal Leslie Groves Jr. dalam proyek tersebut.

Arah proyek yang dikerjakan di Los Alamos, New Mexico, itu berubah ketika Hitler bunuh diri 30 April 1945. Amerika Serikat memutuskan untuk menjatuhkan bom atomnya ke Jepang, tepatnya di Hiroshima dan Nagasaki.

Namun, terciptanya bom atom itu tidak lantas membuat Oppenheimer merasakan pencapaian. Hidupnya dihantui dan tetap menemui halang dan rintang usai menciptakan senjata mematikan tersebut.

Film Oppenheimer ditulis dan disutradarai oleh Christopher Nolan yang terinspirasi dari buku American Prometheus karya Kai BIrd dan Martin J. Sherwin.

Aktor Cillian Murphy dipercaya untuk menjadi pemeran utama film itu sebagai J. Robert Oppenheimer. Ini merupakan proyek pertama Murphy sebagai pemeran utama film Nolan setelah beberapa kali bekerja sama.

Selain Cillian Murphy, Oppenheimer juga menggandeng sejumlah aktor ternama Hollywood. Emily Blunt ditunjuk untuk memerankan istri Oppenheimer yang bernama Katherine alias Kitty.

Matt Damon didapuk sebagai Jenderal Leslie Groves Jr. yang merupakan direktur Proyek Manhattan. Sementara Robert Downey Jr. berperan sebagai Lewis Strauss, ketua Komisi Energi Atom (Atomic Energy Commission/AEC).

Selain itu, film ini juga dibintangi oleh Florence Pugh, Josh Hartnett, Rami Malek, Kenneth Branagh, Matthew Modine, Casey Affleck, Tom Conti, hingga Gary Oldman.

Related

Film 987318452744329642

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item