WhatsApp Tak Bisa Lagi Digunakan di Ponsel Keluaran Lama


Sejumlah ponsel lawas tak bisa lagi menggunakan WhatsApp per Maret 2024 mendatang. Salah satunya adalah HP yang menggunakan Android 5 atau lebih lama.

Gizchina mencatat tidak ada solusi lain bagi pengguna ponsel Android 5 atau lebih lama. Hanya ada dua opsi yakni meningkatkan ke model ponsel terbaru dengan sistem operasi yang kompatibel dengan persyaratan WhatsApp atau beralih ke aplikasi pesan lain.

Sementara itu, dalam laman Pusat Bantuan, WhatsApp menjelaskan sistem operasi yang didukung untuk saat ini. Selain Android 5 dan lebih baru, ada juga iOS 12 dan lebih baru serta KaiOS 2.5.0 dan lebih baru.

Dukungan tersebut akan terus berubah setiap tahunnya. Pihak WhatsApp mengatakan perangkat ponsel dan software apa saja yang paling lama dan paling sedikit penggunanya.

"Setiap tahun kami mengamati perangkat telepon dan perangkat lunak mana yang paling lama dan memiliki pengguna paling sedikit. Perangkat ini mungkin juga tidak memiliki pembaruan keamanan terbaru atau mungkin tidak memiliki fungsionalitas yang diperlukan untuk menjalankan WhatsApp," tulis WhatsApp dikutip Kamis (29/2/2024).

Perusahaan memastikan akan terus memperbarui daftar OS yang tak lagi didukung platformnya. Pemberitahuan terbaru akan diberikan secara berkala dalam laman Pusat Bantuan tersebut.

WhatsApp juga memberikan pemberitahuan pada pengguna yang terdampak pemblokiran. Tidak dijelaskan jumlah pemberitahuannya, namun hanya dikatakan 'beberapa kali' sebelum dukungan pada sistem operasi yang digunakan dihentikan.

"Sebelum kami menghentikan dukungan untuk sistem operasi yang Anda gunakan, Anda akan diberitahu di WhatsApp dan diingatkan beberapa kali untuk meningkatkan sistem operasi," ungkap WhatsApp. 

Related

Smartphone 840880862029026620

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item