5 Cara Monetisasi Instagram untuk Memaksimalkan Penghasilan


Memiliki ide kreatif bisa dimanfaatkan sebagai dasar dalam cara monetisasi IG (Instagram) untuk memaksimalkan pendapat tambahan.

Seperti yang ditulis dalam buku Instagram untuk Marketing Pemula karya Jefferly Helianthusonfri, (2020:1), Instagram adalah media sosial yang paling aktif dan paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Namun sebelum ke cara monetisasi IG, apa saja yang perlu dipersiapkan? Pastinya pengguna perlu menjadi micro influencer untuk mendapat banyak kepercayaan dari orang lain.

Berikut deretan cara monetisasi IG yang tidak banyak diketahui orang lain:

1. Afiliasi

Pertama adalah afiliasi. Bukan hanya Instagram, semua platform media sosial dapat menjadi ladang penghasilan tambahan dengan memanfaatkan afiliasi. Jika merasa kreatif dan pandai dalam pemasaran, cobalah untuk membuat konten menarik seputar produk yang sedang diminati masyarakat.

Apabila sudah semakin besar dan sudah dikenal secara luas, beberapa brand mungkin akan melakukan kerja sama yang menguntungkan.

2. Menjual Karya

Pandai menulis puisi, menggambar, hingga desain? Cobalah untuk menjual karya tersebut sebagai salah satu cara monetisasi IG. Seperti yang diketahui, Instagram merupakan media sosial dengan jaringan yang luas.

Sebagai seniman, selain menghasilkan karya-karya imajinatif dan kreatif, juga dapat menghasilkan keuntungan tambahan. Bagaimana, tertarik mencoba?

3. Mengiklankan Produk

Cara ketiga adalah mengiklankan produk, lalu apa bedanya dengan afiliasi? Tentu saja berbeda, karena pengguna Instagram akan bermitra secara resmi dengan brand untuk menciptakan konten yang disponsori.

Nantinya pengguna Instagram sebagai pengiklan akan menerima bayaran berdasarkan perjanjian kontrak, biasanya berdasarkan jumlah postingan, bukan dari hasil komisi penjualan.

Cara ini sering juga disebut sebagai endorse dan merupakan cara umum yang digunakan oleh para influencer hingga public figure.

4. Bagikan Ilmu

Selanjutnya, pengguna Instagram dapat menciptakan produk informasi yang bernilai bagi audiens. Cara ini merupakan salah satu metode monetisasi yang menguntungkan dengan investasi modal kecil. Pengguna dapat menciptakan buku, e-book, kursus online, dan berbagai konten lainnya untuk mencapai hal ini.

5. Tawarkan Jasa

Cara monetisasi IG terakhir yang dapat dilakukan adalah menawarkan berbagai jasa. Bangunlah akun dengan tujuan menawarkan jasa sesuai passion yang dimiliki.

Apabila senang berbelanja, cobalah membuka jasa titip atau jastip, jasa ketik, joki tugas, hingga jasa joki game online. Cara ini juga terbilang cukup mudah menghasilkan uang dengan modal yang tidak banyak.

Itulah deretan cara monetisasi IG untuk menghasilkan pendapatan tambahan. Sebelum monetisasi, pastikan untuk membuat rencana dan melakukan riset agar rencana dapat berjalan sesuai keinginan, semoga berhasil. 

Related

Tips 4436977039514814840

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item