Apakah PDIP Akhirnya Gabung Koalisi Prabowo-Gibran?


Dibocorkan petinggi Partai Gerindra, Puan Maharani dan Prabowo Subianto segera bertemu. Sinyal PDIP gabung koalisi Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pun semakin menguat.

Pada Pilpres 2024, diketahui PDIP menjadi partai pengusung utama Ganjar-Mahfud. Namun, pihak Prabowo sebagai pemenang Pilpres 2024 mencoba membangun koalisi besar untuk pemerintahan selanjutnya.

Manuver Prabowo pun sudah terlihat, dimana ia sudah melakukan pertemuan dengan Partai koalisi Anies-Muhaimin yakni Partai Nasdem. Ketua Umum Nasdem Surya Paloh juga beberapa waktu lalu menerima kunjungan Prabowo di Nasdem Tower.

Ada pula kabar yang beredar, kubu Prabowo juga menjalin komunikasi dengan PKB untuk diajak masuk ke koalisi pemerintahan yang baru.

Tak puas dengan merayu partai pengusung Anies Baswedan, Prabowo dikabarkan mengajak PDIP. Sebagai gambaran, PDIP merupakan pemenang Pileg 2024 dan berpeluang besar merebut kursi Ketua DPR RI. Artinya, Prabowo menginginkan dominasi kekuatan mutlak juga di parlemen nantinya.

Bocoran Gerindra

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman melempar sinyal akan mengajak PDI Perjuangan (PDIP) bergabung dengan koalisi pendukung Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

Menurut Habiburokhman, ajakan agar PDIP bergabung kemungkinan nantinya dibahas dalam pertemuan Prabowo dengan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani. "Ya sepertinya kurang lebih (ajak PDIP bergabung)," kata Habiburokhman di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (4/4/2024).

Wakil Ketua Komisi III DPR RI ini berharap pertemuan Prabowo dengan Puan akan digelar sebelum Lebaran 2024. "Kalau bisa sebelum Lebaran juga enggak apa-apa," ujar Habiburokhman.

Namun Habiburokhman tak mengungkapkan kapan pertemuan Prabowo dan Puan akan digelar.  Sementara, Puan mengatakan, pihaknya masih fokus melaksanakan Idulfitri terlebih dahulu. Hal ini disampaikan Puan ketika ditanyai wartawan soal jadwal pertemuannya dengan Prabowo.

"Lebaran dulu ya, Insya Allah," kata Puan di Kompleks Parlemen, Kamis.

Misi Puan dan PDIP

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP mengungkap misi Puan Maharani menghadiri buka puasa bersama Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani. Hal ini diungkapkan Hasto Kristiyanto selaku Sekjend PDIP.

Awalnya Hasto menyebut Puan Maharani hadir dalam acara bukber bersama Rosan Roeslani karena diundang.

"Ya kan namanya diundang, masa tidak hadir. Apalagi buka puasa bersama, ada kultumnya, ada doanya," kata Hasto di kawasan Cikini, Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Namun belakangan, Hasto menerangkan kehadiran Puan Maharani adalah bagian dari upaya membangun komunikasi politik. "Itu kan sesuatu yang dalam kapasitas Mbak Puan sebagai ketua DPR ya terus membangun komunikasi politik," ujar Hasto.

Hasto menegaskan bahwa PDIP tetap berkomitmen untuk menjaga demokrasi dan konstitusi. "Tetapi, dalam komunikasi politik kan sikap dari PDIP tetap kokoh dalam menjaga konstitusi, menjaga demokrasi yang berkedaulatan rakyat dan terus berjuang bagi supremasi hukum dan demokrasi itu sendiri," ungkapnya.

Bambang Soesatyo atau Bamsoet membagikan momen pertemuan antara Puan dan Rosan melalui akun Instagramnya. "Buka Puasa Bersama Mbak Ketua @puanmaharani @ketua_dprri dan pengajian di kediaman Ketua Tim Kemenangan Nasional (TKN) Prabowo-Gibran @rosanroeslani dan Ayu Heni Rosan (Tuge)," kata Bamsoet.

Related

News 4298679062037679203

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item