Harvey Moeis dan Helena Lim Diprediksi Makin Kaya Setelah Dipenjara


Korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk periode 2015-2022, sudah menjerat sejumlah bos timah. Suami Sandra Dewi, Harvey Moeis dan crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK), Helena Lim sudah ditahan Kejaksaan Agung.

Mereka merupakan tersangka ke-15 dan ke-16 yang sudah ditetapkan oleh Kejagung. Harvey Moeis adalah pemegang saham PT Refined Bangka Tin dan Helena Lim Manajer PT QSE.

Sementara Peramal Denny Darko di akun TikTok miliknya memprediksi Harvey Moeis dan Helena Lim tidak lama menerima hukuman. "Saya menduga bahwa suami Sandra Dewi, Harvey Moeis dan Crazy Rich PIK ini hanya akan sebentar saja menyelesaikan hukumannya," beber Denny Darko.

Justru setelah ditahan, kekayaan keduanya bisa lebih bertambah banyak. "Dan setelahnya saat mereka sudah selesai (hukuman), akan tetap berstatus sebagai seorang crazy rich juga. Malah mungkin bisa lebih kaya daripada sebelumnya," sambungnya.

Di tempat lain, di acara Insert Live, Denny Darko juga memprediksi inisial artis dalam kasus korupsi timah. Hanya saja, dia tak mau membenarkan atau menyalahkan dugaan inisial artis tersebut.

"Saya tidak mau menyebutkan inisial karena bisa menimbulkan persepsi macam-macam. Misal akan ada artis berselingkuh dengan inisial R, wah inisial R banyak banget. Saya perlu kartu untuk membaca kasus ini, tapi tidak akan menyebutkan inisial," kata Denny Darko.

Lalu, dia meminta Christie, host Insert Live untuk mengambil kartu yang diwakilkan oleh salah seorang kru. Pada kesempatan itu, terambil kartu kaisar atau king.

"Ini adalah gambar tentang seseorang, yang menguasai segalanya, mengatur semua king of the king. Dia akan menentukan apa yang akan terjadi. Inisial dua artis yang bakal menyusul (tersangka), sangat mungkin tapi saya tidak mengindikasikan," katanya.

Nanti ke depan, menurut Denny, bisa saja orang dengan mudah menganggap artis ini punya keterkaitan dengan penguasa atau king tadi.

"Padahal hal tersebut harus dibuktikan. Orang ini adalah raja dari segala raja kalau disebut namanya pasti ketakutan. Artis akan diidentifikasikan kedekatan dengan raja ini," ujar Denny Darko.

Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Ketut Sumedana mengungkap soal tersangka Harvey Moeis dan Helena Lim. Ketut mengatakan Kejagung terus melakukan pengembangan dan penyidikan terkait kasus korupsi yang ditaksir membuat negara mengalami kerugian Rp 271 triliun.

"Sangat memungkinkan (tersangka bertambah). Siapapun yang menyebabkan kerusakan sangat masif di Bangka Belitung ya terutama, dan siapapun yang menimbulkan adanya kerugian negara, kan ini masih berproses terus ya," tuturnya dalam program Sapa Indonesia Malam yang ditayangkan di YouTube Kompas TV, dikutip pada Sabtu (30/3/2024).

Kemudian, saat ditanya apakah tersangka baru tersebut berlatar belakang sebagai pesohor, Ketut mengamini hal tersebut. Hanya saja, dia tidak membeberkan siapa sosok tersangka baru dari kalangan pesohor tersebut.

"Saya kira akan mengarah ke sana semua, ya (tersangka dari pesohor). Bukan saya menakuti ya, akan mengarah ke sana semua," tuturnya.

Ketut menjelaskan, orang-orang itu tidak melakukan tindakan pidana korupsi secara langsung. Tetapi menikmati hasil uang haram tersebut turut bisa ditetapkan menjadi tersangka dengan disangkakan pasal gratifikasi atau tindak pidana pencucian uang (TPPU).

"Kita ke depan, kalau menjerat orang-orang lain seperti TPPU pasal 3, 4, dan 5, tidak menutupi kemungkinan orang-orang yang menikmati tanpa harus melakukan tindak pidana secara langsung terhadap kerusakan lingkungan, ini bisa terjerat," ujarnya.

Related

News 1061457200863559698

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item