Ridwan Kamil Sindir Pembuang Sampah di Sungai yang Viral


Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberi pelajaran kepada pembuang sampah sembarangan di Jalan Raya Puncak, Bogor, yang viral. Ia mengunggah ulang unggahan akun media sosial milik Relawan Jabar Juara pada Sabtu, 13 April 2024. 

Pembuang sampah yang viral itu, seorang pria muda, keluar dari mobil Toyota Rush putih bernomor polisi F 1211 YG, lalu dengan enak membuang sampah ke sungai. 

"Ngeraken plat na F deui duh...semoga jadi pelajaran untuk kita. Lokasi video: Jembatan Cikundul, Jalan Raya Ciloto, Cipanas, Puncak, Cianjur," tulis @rkjabarjuara. 

Oleh Ridwan Kamil, video yang direkam pengendara mobil di belakangnya itu diunggah ulang dengan cara meledek, diberi tambahan lagu 'Kita Bikin Romantis' milik Maliq & D'Essentials yang viral. Ia memberikan cerita ala-ala percintaan remaja yang hanya beromantis namun perilakunya tidak bertanggung jawab.

Suami Atalia Praratya ini memberikan gambaran percakapan pasangan di dalam mobil hingga tercetus ide membuang sampah ke sungai. 

"Aa chayank, tolong buangin sampah." 

"Oke yang, siap," kata Kang Fi1211YG. 

Besoknya, Kang F1211YG bikin status sambil rebahan, "Ini sungai banir dan banyak sampah. Ngapain aja sih kerja Bupati Cianjur dan Gub Jabar? Pls atuhlah euy, hey!" tulis Ridwan Kamil dengan memberi tagar namanya untuk menunjukkan ia sendiri yang membuat POV percakapan pembuang sampah itu. 

Dari keterangan yang dibuat pria yang akrab disapa Kang Emil itu, ia sengaja ingin memberi pelajaran kepada pria muda pembuang sampah itu. Ia juga tidak menyembunyikan nomor plat mobil si pembuang sampah. 

Eddi Brokoli Ingin Berkata Kasar

Unggahan Emil menarik perhatian netizen untuk turut berkomentar. Salah satunya Eddi Brokoli, aktor, penyanyi, dan VJ Indonesia yang berkomentar dengan Bahasa Sunda. "Ka nu kieu kenging berkata kasar teu, Kang?" tulis Eddi Brokoli, yang artinya, "Apa boleh berkata kasar kepada orang seperti ini?" 

Emil pun menjawab, "sing tarik Kang Eddi (keras Kang Eddi)." 

Penyanyi dangdut, Kristina juga menanggapi unggahan Ridwan Kamil. "Astaghfirullah, atuh itu punya mobil mbok ya punya tong sampah dong di dalam mobil, malu atuh mobil bagus buang sampah begitu," tulisnya.  

Related

News 623898466658516222

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item