Viral, Wanita Bawa Orang Meninggal ke Bank untuk Berutang


Baru-baru ini, viral video di media sosial yang memperlihatkan seorang wanita memaksa seorang pria yang duduk di kursi roda untuk menandatangani pengajuan peminjaman uang di bank. Namun ternyata, pria di kursi roda tersebut sudah meninggal dunia.

Peristiwa yang terjadi di Brasil ini pun viral di media sosial. Video yang beredar sejak Selasa (16/4/2024) itu viral di media sosial X pasca diunggah akun @MoreCrazyClips. Wanita tersebut diketahui bernama Erika de Souza Vieira Nunes. 

Dalam video, tampak seorang perempuan berusaha membuat seorang pria yang duduk di kursi roda memegang pulpen. Namun, pria itu tampak tidak sadarkan diri. 

Erika diketahui berusaha mengajukan pinjaman ke bank di Rio de Janeiro, Brasil. Anehnya, pinjaman uang itu atas nama sang paman yang duduk di kursi roda.
Hingga Kamis (18/4/2024), video tersebut telah tayang sebanyak 14,2 juta kali, dibagikan 7.000 warganet, dan disukai 66.000 kali.

Kronologi perempuan bawa mayat ke bank

Erika de Souza Vieira Nunes mendatangi sebuah kantor cabang bank Banco Itau di pinggiran Kota Rio de Janeiro, Brasil pada Selasa (16/4/2024) pukul 14.00 waktu setempat.

Saat itu, Erika mendorong kursi roda yang diduduki seorang pria bernama Paulo Roberto Braga (68) ke bank dan mencoba membujuknya menandatangani berkas pinjaman sebesar 17.000 reais (Rp 52.539.193).

“Paman Paulo, apakah kamu mendengarkan?” tanya Erika, diberitakan Washington Post (17/4/2024). “Kamu harus menandatanganinya. Jika kamu tidak menandatanganinya, tidak mungkin. Aku tidak bisa menandatanganinya untukmu.” 

Saat berada di depan teller, Erika meminta Paulo menandatangani berkas pengajuan pinjaman dari bank. Dia beberapa kali berusaha meletakkan pulpen ke tangan pamannya. Namun, Paulo tidak menggerakkan tangannya. Bahkan kepala pria itu terkulai jatuh dari sandaran kursi rodanya.

Mengetahui hal itu, Erika beberapa kali memegang dan menegakkan kepala pamannya. Karyawan bank yang memperhatikan sikap Paulo merasa curiga dan mulai merekam video. Dia lantas menghubungi polisi dan ambulans. “Saya rasa dia tidak baik-baik saja. Tidak ada warna di wajahnya," kata karyawan itu.

Namun, Erika membantah pamannya sakit, dan menyebut kondisinya memang seperti itu. "Dia tidak mengatakan apa-apa, begitulah keadaannya. Jika kamu tidak baik-baik saja, saya akan membawamu ke rumah sakit," tambahnya, dikutip dari Reuters (18/4/2024).

Meninggal sebelum tiba di bank

Kepala penyelidik polisi setempat, Fábio Souza mengungkapkan bahwa Paulo yang dibawa menggunakan kursi roda untuk mengajukan pinjaman bank ternyata sudah meninggal beberapa jam sebelumnya.

“Siapa pun yang menonton video itu dapat mengetahui bahwa dia sudah meninggal. Bisakah kamu membayangkannya? Dia (Erika) menyentuhnya. Dia tahu dia sudah mati," jelas dia.

Saat dimintai keterangan, Erika mengaku sebagai keponakan dan pengasuh Paulo. Menurutnya, sang paman masih hidup ketika mereka memasuki bank. Dia mengatakan pamannya dirawat di rumah sakit minggu lalu karena pneumonia. Namun, akhirnya dipulangkan pada Senin (15/4/2024).

Video keamanan yang diambil dari rumah sakit memang menunjukkan Erika meninggalkan rumah sakit bersama Paulo yang saat itu masih hidup dan duduk di kursi roda. Namun, hasil analisis forensik polisi menetapkan pria tersebut meninggal lebih dulu dalam posisi berbaring.

Ini dibuktikan dengan adanya livor mortis atau pengendapan darah yang tidak lagi diedarkan ke jantung dalam tubuh Paulo. Akibat kejadian itu polisi mendakwa Erika melakukan pencurian dengan cara penipuan dan penyalahgunaan jenazah.

Polisi pun menyelidiki hubungan asli Erika dengan Paulo, bagaimana cara pria itu meninggal, dan mencari orang yang mengantar mereka ke bank.

Related

News 1007683298583423166

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item