Curhat Perempuan Mengidap Polip Empedu, Gegara Makanan Instan


Seorang netizen bernama Febiyola membagikan kisahnya usai divonis mengidap polip empedu yang mengubah hidup serta kondisi kesehatannya jadi sangat drastis.

Melansir Tiktok @moodswinx, Sabtu (20/4/2024), kisahnya berawal sejak 2021 ketika dia terinfeksi Covid-19 yang kala itu masih jadi pandemi. Kesehatannya berubah drastis dan muncul berbagai penyakit lain setelahnya.

Dia menjelaskan bahwa diserang berbagai penyakit membuat pikirannya tak tenang dan ternyata hal tersebut berpengaruh besar pada kesehatannya. Kemudian selama isolasi mandiri untuk recovery dari Covid-19, dia merasa tak nafsu makan.

Alhasil Febiyola hanya mengonsumsi mie instan dan makanan instan lainnya agar bisa diterima oleh tubuh. Namun ternyata dia mengalami nyeri dada hebat yang disertai sesak nafas.

“Ga lama dari konsumsi makanan itu dan pola pikir yang ga bisa dikontrol itu, tiba-tiba aku sesak nafas dan dada sebelah kiri aku sakit banget,” tulis Febiyola dalam unggahan tersebut.

Meski begitu, dia tak menyerah untuk kesembuhannya. Dia pun terus mencari tahu penyakit apa yang sedang ada di tubuhnya. Ternyata dokter dari salah satu tempatnya di rawat memvonis dia mengidap penyakit jantung Supraventricular Tachycardia (Arrhythmia).

Hal ini karena irama detak jantungnya tak stabil dalam kondisi tidak beraktivitas. Setelah hampir dua tahun bolak-balik ke rumah sakit, dia sempat melakukan ablasi kateter.

Namun ternyata penyakit yang ia alami selama ini bukan hanya gangguan jantung, melainkan juga penyakit polip empedu. Febiyola mengetahui penyakit ini lantaran mengalami nyeri perut hebat, tetapi dia beranggapan itu hanyalah penyakit gerd yang kambuh.

Setelah memeriksakan gerd ke dokter, nyeri perutnya masih sering terasa. Pada April 2024 kemarin dia mengalami muntah-muntah dan sakit luar biasa pada bagian perut, yang membuatnya langsung dilarikan ke rumah sakit.

Melihat kondisinya yang sudah kolaps dan lemah, pihak rumah sakit langsung memeriksa darah, urin, hingga USG Abdomen. Dari situlah Febiyola akhirnya mengetahui bahwa penyakit yang selama ini dideritanya polip empedu.

Dia mengungkap bahwa penyakit tersebut bisa muncul akibat dirinya tak memperhatikan pola makan. Makanan yang pedas, instan dan minuman kopi bisa menjadi faktor pemicu polip empedu.

“Tapi dokter bilang faktor utamanya bisa dari makan makanan yang selama ini aku konsumsi bersih atau nggaknya, seperti makanan instan, pedes, kopi, dan lain-lain,” tuturnya.

Selain itu, dia menyatakan bahwa pola istirahat, gaya hidup dan bagaimana cara mengatasi stres juga bisa menjadi faktor penting dan harus terus diperhatikan agar terhindar dari berbagai jenis penyakit.

“Karena yang harus kalian perhatiin itu, pola hidup kalian seperti apa, jam istirahat, apa yang kalian konsumsi sehari hari, bagaimana kalian control stres kalian,” katanya.

Related

News 1266853081148382664

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item