Parkir Motor di Minimarket Gratis, Jukir Tak Boleh Minta Uang


Dinas Perhubungan (Dishub) Jakarta mengingatkan, parkir motor atau mobil di minimarket seharusnya gratis alias bebas biaya. Sehingga, pengunjung minimarket tak perlu membayar ongkos parkir ke jukir yang berada di lokasi.

Kepala Dishub Jakarta, Syafrin Liputo menegaskan, pihaknya telah menjalin komunikasi dengan Satpol PP untuk menangani banyak juru parkir (jukir) liar di minimarket Jakarta. Menurutnya, jukir tersebut kerap kali meminta ongkos dengan cara memaksa!

"Kami berkoordinasi dengan Satpol PP DKI untuk penanganan terkait dengan adanya oknum-oknum yang memanfaatkan lokasi di minimarket dengan cara memaksa untuk memungut jumlah tertentu," ujar Syafrin Liputo, Senin (6/5).

"Masyarakat yang berkunjung ke minimarket seharusnya tidak membayar uang parkir. Memang tidak dipungut biaya. Jadi petugas parkir di luar tidak ada kerja sama dengan pemilik minimarket," kata Syafrin.

Menurut Syafrin, jukir tak boleh memaksa pengunjung bayar parkir, apalagi sampai mematok nominal tertentu. Mereka hanya boleh menerima uang yang diberikan secara suka rela.

"Jadi seolah-olah menjadi kewajiban si pengemudi untuk membayar, seharusnya kan tidak. Karena itu kan jadi fasilitas yang memang harus disiapkan di minimarket," ungkapnya.

Sebelumnya, Heru Sarwono selaku Direktur Operasional PT Midi Utama Indonesia (Alfamidi) juga menegaskan, pihaknya tak pernah mengenakan tarif parkir untuk pengunjung yang datang membawa kendaraan.

"Kita tidak pernah menerapkan aturan tarif yang ada di gerai Alfamidi, khususnya di parkir. Kecuali kalau memang itu ada di lingkungan perkantoran, ada di lingkungan yang memang pertokoan dan berbayar, ya itu ya ikutin pengelola parkir yang ada di situ, pengelola setempat," ujar Heru Sarwono.

Terkait adanya juru parkir di gerai-gerai minimarket, Heru menegaskan, pihaknya sudah memberi arahan kepada mereka. Dia meminta, para juru parkir tersebut tak boleh meminta pengunjung untuk membayar parkir.

"Juru parkir itu sebenarnya sudah kita arahkan bahwa tidak ada pemaksaan biaya. Kalau memang dikasih, ya diterima. Tapi kalau tidak diberikan, tidak boleh meminta. Jadi arahannya kita adalah clear bahwa parkir di Alfamidi gratis," kata dia.

Related

News 8893685327551522622

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item