Wanita Ini Bagikan 3 Tips ‘Mengelabui’ Petugas Bea Cukai


Petugas Bea Cukai tengah jadi sorotan masyarakat dan perbincangan hangat di media sosial. Setelah sempat viral kasus hibah bantuan belajar untuk SLB (Sekolah Luar Biasa) yang sempat tertahan selama dua tahun di Bea Cukai Soekarno Hatta, beragam keluhan netizen pun mencuat.

Tak hanya warga biasa, beberapa artis, influencer, hingga anak mantan Presiden Indonesia ke-4 pun turut membagikan pengalaman tidak menyenangkan dengan petuas Bea Cukai.

Seperti diketahui, petugas Bea Cukai memiliki peran penting untuk mengontrol barang impor dan ekspor agar sesuai ketentuan yang berlaku. Tak hanya itu, tugas Bea Cukai juga bertanggung jawab atas pengenaan tarif bea masuk pada barang-barang yang masuk ke dalam suatu negara.

Oleh karena itu, jika seseorang datang ke Indonesia dengan barang yang melebihi batas, nantinya akan dikenakan tarif yang bervariatif oleh Bea Cukai. Nah, untuk menghindari tarikan bea masuk, tentu kamu tidak boleh membawa barang yang melebihi batas ketentuan.

Selain itu, berikut ada tips yang bisa ditiru jika tidak mau ribet berurusan dengan petugas Bea Cukai ataupun terpaksa harus berdebat. Dilansir dari akun TikTok Jessica Fire pada Jumat, 3 Mei 2024, berikut tiga tips jitu yang bisa kamu terapkan.

1. Cabut semua label/tag

Jika kamu membeli baju atau barang dari luar negeri, mencabut semua label atau tag bisa jadi solusi jitu. Setelah itu, kamu bisa mengenakan baju tersebut, maka barang itu tidak lagi tergolong sebagai produk baru.

Jika kamu membeli baju, usahakan tidak melebihi lima potong, sesuai dengan peraturan. Jika barang tekstil yang masuk melebihi jumlah tersebut, maka bisa dikenakan tarif bea masuk.

"Ini kan udah aku pakai (baju baru), jadinya ini bukan barang baru lagi. Dan dibatasi untuk tekstil itu cuma lima," ucap Jessica.

2. Buang kotak kalian

Selanjutnya, jika membeli sepatu baru yang akan dipakai sendiri, buang saja kotak sepatunya. "Kalau misalnya kalian beli sepatu, kan buat kalian pakai sendiri, buang aja box-nya," tandasnya.

3. Membaca dan hapal undang-undang

Tips ketiga mungkin membutuhkan usaha lebih, lantaran kamu perlu mempelajari dan tahu betul undang-undang yang mengatur tentang peraturan Bea Cukai. Sebab, kata dia, tak jarang ada oknum petugas Bea Cukai yang memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat untuk mencari keuntungan dengan menarik tarif bea masuk yang tidak masuk akal.

"Kalian itu harus ready (siap) berargumentasi dengan mereka (petugas Bea Cukai). Jangan sampai kalah, jadi kalau dia ngegas kita ngegas balik! Karena peraturan mereka itu nggak masuk di akal," pungkas Jessica.

Related

Tips 6444188223565645305

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item