Tips Memilih Camilan Sehat di Supermarket

 Tips Memilih Camilan Sehat di Supermarket

Naviri.Org - Hampir semua orang suka ngemil, karenanya berbagai produk makanan ringan banyak tersedia untuk memanjakan orang yang suka makanan camilan. Di antara banyak produk makanan ringan yang ada, tidak semuanya baik untuk kesehatan. Jika Anda keliru memilihnya, hasilnya adalah berat badan bertambah, atau bahkan masalah kesehatan.

Berikut ini beberapa tip memilih camilan yang sehat di supermarket, yang bisa Anda ingat.

Carilah makanan atau camilan yang komposisi bahannya tidak sulit disebutkan. Percaya atau tidak, semakin sulit nama komposisi bahan yang digunakan, atau semakin susah diucapkan, semakin tidak sehat bahan makanan tersebut.

Pilihlah produk camilan yang mengandung sedikit sodium.

Jika Anda memilih produk dengan bahan baku biji-bijian, pilihlah yang mengandung serat alami setidaknya dua gram per sajian.

Pilihlah produk camilan dengan komposisi bahan pengawet, pewarna buatan, sodium, dan pemanis buatan, yang paling rendah.

Perhatikan urutan bahan-bahan dalam kemasan. Bahan yang disebutkan paling awal adalah bahan yang paling banyak digunakan. Misalnya, jika dalam kemasan kue dicantumkan: gula, tepung, telur, maka kandungan terbanyak kue itu adalah gula.

Hindari makanan yang menyebutkan lemak dan gula sebagai bahan makanan di urutan tiga teratas.

Hindari produk yang mengandung minyak sayur olahan, sirup jagung, fruktosa, pengganti lemak, monosodium glutamat, dan emulsi makanan.

Jangan membeli makanan yang mengandung hydrogenated fat. Hydrogenated fat atau minyak terhidrogenasi adalah zat hidrogen yang dimasukkan ke dalam minyak, yang menyebabkan cairan minyak berubah menjadi lemak jenuh. Lemak jenis itu buruk untuk jantung.

Utamakan untuk memilih produk segar. Perhatikan tanggal kedaluwarsa makanan yang Anda ambil. Semakin jauh tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasannya, semakin baik.

Baca juga: Tanda Umum Bila Tubuh Kurang Gizi dan Nutrisi

Related

Health 8420271779829075340

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item