Mencegah Sakit Pinggang saat Hamil

  Mencegah Sakit Pinggang saat Hamil

Naviri.Org - Di antara banyak keluhan lain yang biasa dialami ibu hamil, sakit pinggang adalah salah satunya. Tidak jauh beda dengan keluhan lain, keluhan sakit pinggang pun sebenarnya bukan masalah serius. Namun, apabila hal tersebut sudah mengganggu kenyamanan Anda selama kehamilan, maka perlu dilakukan penanganan yang serius.

Ada tiga hal yang dapat menyebabkan ibu hamil merasakan sakit pinggang selama masa kehamilan, yaitu:

Hormon yang meningkat selama kehamilan, yang menjadikan persendian tidak stabil, sehingga area pelvis mengembang seiring dengan pertumbuhan bayi dalam kandungan.

Terjadinya kenaikan berat badan mencapai 11 sampai 15 kilogram selama kehamilan, yang biasanya menyebabkan sakit pinggang menjalar sampai sekeliling perut.

Perubahan postur tubuh yang semakin membesar pada waktu hamil, sehingga mengubah pusat gravitasi si ibu hamil sebelumnya.

Upaya pencegahan

Sebelum masalah sakit pinggang ini datang menyerang, tidak ada salahnya jika Anda melakukan beberapa upaya pencegahan. Berikut ini adalah beberapa tip yang dapat dilakukan untuk mencegah datangnya sakit pinggang selama kehamilan:

Mulailah gunakan sepatu tanpa hak dari sejak awal kehamilan, karena hal ini akan mengurangi ketegangan pada tulang. Karenanya, apabila selama ini Anda biasa mengenakan sepatu dengan hak tinggi, sebaiknya mulai tinggalkan sepatu tersebut begitu masuk masa kehamilan.

Hindari duduk dengan posisi yang sama dalam waktu lama. Ubah-ubahlah posisi duduk Anda, meski mungkin Anda merasakan kenyamanan pada posisi duduk tersebut.

Apabila Anda merasa sakit pinggang pada waktu akan tidur, berbaringlah dengan posisi miring, dengan bantal yang diletakkan di antara kedua kaki.

Pada trimester kedua, Anda bisa meletakkan bantal di bawah perut Anda. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih nyaman.

Gunakan belt penyangga khusus ibu hamil yang membantu menyokong perut Anda, dan mengurangi rasa sakit pada pinggang.

Apabila rasa tegang atau kram menyerang otot Anda, gunakan es batu atau air hangat yang dimasukkan ke dalam kantung kompres, untuk mengompres otot pinggang selama 10 sampai 15 menit.

Biasakan berjalan kaki, setidaknya 20 sampai 30 menit setiap hari.

Perhatikan postur tubuh Anda sewaktu berdiri atau berjalan—jangan terlalu membungkuk atau terlalu tegak.

Hindari mengangkat benda berat atau menggendong anak.

Bila Anda rutin melakukan olahraga selama kehamilan, tetaplah menjaga konsistensi latihan Anda.

Baca juga: Tips Mengatasi Nyeri Pinggang saat Hamil

Related

Pregnancy 9116414303112838632

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item