Aneka Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan (2)

 Aneka Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

Naviri.Org - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Melindungi otak bayi

Dalam studi yang diterbitkan di Pediatric Research, disebutkan bahwa wanita yang meminum jus buah delima selama kehamilan dapat membantu melindungi otak bayi yang baru lahir setelah kelahiran traumatik.

Mencegah osteoarthritis

Penelitian di Case Western Reserve University, yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition, menemukan bahwa sari buah delima dapat mencegah kerusakan tulang rawan. Sementara ekstrak delima menurunkan tingkat bahan kimia yang disebut interleukin-1b (IL-1b) dan enzim yang mengikis tulang rawan yang membuat inflamasi. Para peneliti mengatakan, ekstrak buah delima mungkin dapat menghambat degradasi kartilago pada osteoarthritis.

Sumber nutrisi

Satu buah delima memiliki sekitar 40 persen kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa, bersama dengan asam folat, serat, kalium, niasin, dan vitamin A serta vitamn E.

Mengatasi sering kencing

Orang Jawa menyebutnya “beser”, yaitu kondisi sering kencing atau mudah kencing. Tentu saja kondisi semacam itu bisa mengganggu. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengikuti resep berikut.

Ambil satu buah delima yang segar dan matang, serta segenggam kucai, lalu potong-potong seperlunya. Rebus kedua bahan tersebut dalam tiga gelas air bersih, dan tunggu hingga tersisa separuhnya. Setelah itu angkat dan dinginkan. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari, masing-masing tiga perempat gelas.

Mengatasi sariawan

Ambil dua buah delima segar yang sudah masak. Ambil isi buah beserta bijinya, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan satu gelas air sambil diaduk merata, lalu saring. Gunakan airnya untuk berkumur, lalu telan. Lakukan 2-3 kali sehari, hingga sembuh.

Mengatasi suara serak

Suara serak atau tenggorokan kering dapat diatasi dengan delima. Caranya, ambil satu buah delima segar, belah, lalu ambil buahnya. Kunyah-kunyahlah, dan buang bijinya. Lakukan 2-3 kali sehari.

Mengatasi cacingan

Untuk mengatasi cacingan, Anda perlu membuat jus buah delima dan jus wortel, masing-masing setengah gelas. Setelah itu, campurkan kedua jus tersebut dan aduk-aduk sampai merata, kemudian diminum sekaligus.

Selain cara di atas, Anda juga bisa memanfaatkan kulit delima. Caranya, rebus kulit delima kering dan serbuk biji pinang (masing-masing sebanyak 15 gram) dengan tiga gelas air bersih. Didihkan perlahan-lahan selama satu jam. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus sebelum makan pagi.

Mengurangi risiko stroke

Mengonsumsi jus delima dapat mempertahankan aliran darah dalam tubuh untuk tetap normal. Jika aliran darah dalam tubuh senantiasa normal, maka akan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam delima akan membantu meluruhkan kolesterol jahat, serta menjaga arteri agar terbebas dari gumpalan. Dengan demikian, peredaran darah akan tetap lancar, dan kesehatan paru-paru akan tetap sehat.

Merawat kesehatan gigi

Buah delima memiliki bahan antibakteri dan antivirus yang dapat membantu mengurangi efek plak pada gigi. Mengonsumsi jus delima secara rutin dapat menjaga kesehatan gigi secara keseluruhan.

Mengatasi anemia

Anemia atau kurang darah biasa ditandai dengan gejala mudah lelah dan sering pusing. Mengonsumsi delima dapat mengatasi masalah tersebut, karena buah ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi.

Memperlambat proses penuaan

Diet jus delima dapat membantu memperlambat proses penuaan, dalam hal ini mengurangi keriput dan garis-garis halus yang disebabkan paparan sinar matahari. Mengonsumsi jus delima secara rutin juga dapat membantu mempertahankan regenerasi sel-sel kulit, dan mencegah pigmentasi berlebihan yang menyebabkan bintik-bintik gelap pada kulit.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan (3)

Related

Health 7588846170767360212

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item