Aneka Manfaat Buah Mentimun Suri untuk Kesehatan (1)

 Aneka Manfaat Buah Mentimun Suri untuk Kesehatan

Naviri.Org - Mentimun suri adalah tumbuhan penghasil buah yang termasuk anggota suku labu-labuan (Cucurbitaceae). Buah mentimun suri biasanya populer saat bulan Ramadan, dan sering dijadikan campuran es yang menyegarkan. Mentimun suri memiliki daging buah yang lembut. Dicampur dengan sirup atau air es, hasilnya adalah minuman yang sangat menyegarkan.

Selain itu, buah ini juga mengandung kalium yang cukup tinggi, sehingga bermanfaat dalam menjaga kesegaran tubuh. Orang-orang kadang menyebut buah ini dengan nama timun suri, timun betik, atau barteh.

Mentimun suri memiliki bentuk memanjang mirip mentimun, tapi sebenarnya tidak sama dengan mentimun. Secara morfologi, bentuk daun dan ukuran bijinya lebih mendekati blewah atau melon. Serat daging buah mentimun suri lembut dan padat, mirip blewah. Tanamannya merambat di tanah, dengan batang dan daun berwarna hijau yang kuat.

Seperti yang disebut tadi, mentimun suri sering dikonsumsi saat bulan puasa Ramadan, karena dianggap dapat mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. Namun, sebenarnya, buah ini dapat ditemukan kapan pun, di luar waktu Ramadan. Buah ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan, selain menyegarkan. Berikut ini uraiannya.

Melancarkan pencernaan

Mentimun suri memiliki daging buah yang kaya serat larut. Serat larut adalah jenis serat yang dibutuhkan usus untuk melancarkan pencernaan. Serat mentimun suri juga membantu mencegah masalah pencernaan seperti sembelit dan kanker usus. Karenanya, rutin mengonsumsi buah ini sangat baik untuk organ pencernaan.

Mendukung diet

Masih terkait dengan kandungan serat dalam mentimun suri, buah ini sangat baik untuk mendukung diet. Serat yang dikandungnya dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, serat dalam mentimun suri juga membantu proses metabolisme tubuh lebih baik.

Jika Anda ingin menjadikan mentimun suri sebagai menu diet, sebaiknya konsumsilah buah ini tanpa campuran gula dan pemanis buatan. Cukup nikmati mentimun suri dengan sirup atau air kelapa muda.

Sumber vitamin dan antioksidan

Seusai menikmati buah mentimun suri, Anda merasakan tubuh lebih segar, bahkan lebih sehat. Hal itu terjadi, karena mentimun suri memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan, mencegah infeksi karena bakteri, virus dan kuman, menjaga kesehatan mata, serta membuat badan menjadi lebih segar. Mentimun suri juga menjadi sumber antioksidan yang dapat mencegah berbagai radikal bebas yang masuk ke tubuh.

Mengendalikan kadar gula

Meski mentimun suri memiliki rasa manis, namun buah ini relatif aman untuk dikonsumsi penderita diabetes, bahkan membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Rasa manis pada mentimun suri disebabkan kandungan zat gula yang terdiri dari fruktosa dan glukosa. Sumber gula alami itu dapat menyuplai energi untuk tubuh. Meski begitu, penderita diabetes harus mengonsumsi buah ini tanpa tambahan sirup yang manis.

Menurunkan risiko kanker

Di dalam mentimun suri terdapat kandungan senyawa saponin, yang memiliki peran dalam menurunkan risiko kanker. Saponin adalah sumber antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Mengonsumsi mentimun suri setidaknya empat kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko kanker, termasuk kanker usus, kanker payudara, dan kanker hati.

Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol yang menjadi masalah bagi tubuh adalah kolesterol yang dihasilkan asam lemak jenuh. Kolesterol tersebut menimbulkan plak pada dinding arteri, memicu penyakit jantung, stroke, dan menyebabkan beberapa masalah kesehatan serius dan jangka panjang. Mentimun suri memiliki kemampuan dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Membersihkan racun dari tubuh

Masuknya racun ke tubuh kita bisa melalui makanan, minuman, serta lingkungan. Dalam jangka pendek, hal itu tampak tidak bermasalah. Tetapi, ketika timbunan racun di dalam tubuh kita mulai menumpuk pada organ penting seperti ginjal, jantung, hati, dan pembuluh darah, efeknya bisa sangat berbahaya.

Dalam hal ini, mentimun suri memiliki kandungan serat yang mampu mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh, untuk dibuang melalui urin atau feses.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Penelitian menemukan bahwa mentimun suri mengandung senyawa yang dapat menurunkan penyakit jantung, yaitu asam linoleat. Di dalam tubuh, senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas.

Asam linoleat melindungi tubuh dari racun, dan memelihara kesehatan jantung, dengan cara menggunakan lemak sebagai sumber energi dan menghalangi pembentukan lemak yang tidak terpakai oleh tubuh.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Buah Mentimun Suri untuk Kesehatan (2)

Related

Health 5944187550093681071

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item