Aneka Manfaat Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan (2)

  Aneka Manfaat Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan

Naviri.Org - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Mencegah penuaan dini

Kandungan asam askorbat dan vitamin C yang tinggi dalam buah sirsak dapat berfungsi sebagai antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini, sekaligus mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis-garis halus, dan pigmentasi pada kulit.

Mencegah rambut rontok

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam sirsak juga efektif dalam mencegah sekaligus mengatasi masalah rambut rontok. Rutin mengonsumsi sirsak dapat menjadikan rambut lebih kuat dan lebih sehat.

Mengatasi wasir

Untuk mengatasi wasir atau ambeien, siapkan buah sirsak yang sudah matang, lalu peras untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas. Minum air perasan sirsak tersebut, dua kali sehari, pada pagi dan sore hari.

Mengatasi sakit pada kandung kemih

Siapkan buah sirsak yang setengah matang, gula, dan garam secukupnya. Semua bahan itu diolah untuk menjadi kolak. Setelah itu, makanlah seperti Anda memakan kolak, dan lakukan secara rutin selama satu minggu berturut-turut.

Mengatasi mencret pada balita

Untuk mengatasi mencret pada balita, siapkan buah sirsak yang sudah matang, peras dan saring airnya, lalu diminumkan sebanyak 2-3 sendok makan.

Mengatasi masalah kulit

Tidak hanya buahnya, daun sirsak juga memiliki manfaat penyembuhan, khususnya dalam mengatasi masalah kulit, seperti gatal, iritasi, atau semacamnya. Untuk mendapatkan manfaat itu, Anda cukup mengambil daun sirsak yang segar, kemudian menempelkannya pada bagian kulit yang bermasalah.

Mengatasi kutu rambut

Kalau kebetulan Anda mengalami masalah kutu rambut, Anda juga bisa memanfaatkan daun sirsak. Caranya, lumatkan daun sirsak secukupnya, lalu gunakan untuk creambath. Usapkan hingga merata di seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Setelah itu, bungkus kepala dengan handuk hangat, dan diamkan selama 30 menit. Kemudian Anda bisa membersihkan rambut dengan shampo seperti biasa.

Mengatasi ketombe

Daun sirsak memiliki kandungan zat antiparasit. Jika daun sirsak dilumatkan dan diusapkan pada kulit kepala, kandungan zat antiparasit dalam daun sirsak dapat membantu mengatasi masalah ketombe beserta gejala yang ditimbulkan, termasuk kulit kepala gatal dan kering.

Mengatasi sakit pinggang

Siapkan 20 lembar daun sirsak, rebus dengan 5 gelas air sampai mendidih, hingga tinggal 3 gelas. Diminum 1 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas.

Sebagai catatan, resep ini ditujukan untuk sakit pinggang yang relatif ringan. Jika sakit pinggang yang diderita terlalu parah, obat tradisional ini mungkin tidak terlalu membantu.

Mengatasi bisul

Ambil daun sirsak yang masih muda secukupnya, lalu ditumbuk halus, dan tambahkan setengah sendok air. Aduk sampai merata, lalu tempelkan ramuan tersebut pada bagian bisul.

Catatan:

Daun sirsak menuai popularitas, setelah dikabarkan dapat mengatasi kanker, bahkan memiliki kemampuan lebih hebat dari kemoterapi (terapi yang digunakan untuk mengatasi kanker). Menurut peneliti di Cancer Chemoprevention Research Center Universitas Gadjah Mada (CCRC–UGM), Nur Qumara Fitriyah, riset menunjukkan bahwa dengan dosis kecil saja, daun sirsak efektif memberantas sel kanker.

Sementara itu, publikasi di The Journal of Natural Product mengungkapkan riset Rieser MJ, Fang XP, dan McLaughlin, peneliti di AgrEvo Research Center, Carolina Utara, Amerika Serikat, yang menyebutkan bahwa daun sirsak mampu membunuh sel-sel kanker usus besar, hingga 10.000 kali lebih kuat dibanding adriamycin dan kemoterapi.

Ervizal AM Zuhud, kepala Bagian Konservasi dan Keanekaragaman Tanaman, Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor, menyatakan bahwa penelitian mengenai keampuhan daun sirsak dalam mengatasi kanker sempat ditutupi-tutupi selama 10 tahun, karena “mengancam” kelangsungan hidup kemoterapi dan industri kimia.

Lebih dari itu, harga sirsak juga relatif murah, sehingga dapat terjangkau siapa pun. Hasil penelitian itu, menurutnya, “Baru tersebar setelah keluarga seorang peneliti yang mengidap kanker mulai mempublikasikannya di dunia maya.”

Lalu bagaimana menggunakan daun sirsak untuk mengatasi kanker? Berdasarkan penjelasan yang beredar, Anda hanya perlu menyiapkan 10 buah daun sirsak yang sudah tua (berwarna hijau tua), dan direbus ke dalam 3 gelas air. Tunggu sampai mendidih dan menguap, hingga airnya tinggal 1 gelas. Setelah itu, minumkan air yang terisa 1 gelas tersebut kepada penderita, dua kali setiap hari.

Related

Health 783014756049621465

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item