Hal-hal yang Menyebabkan Rambut Rontok

  Hal-hal yang Menyebabkan Rambut Rontok

Naviri.Org - Anda punya masalah dengan kerontokan rambut? Jika kerontokan hanya 30 sampai 100 helai rambut dari sekitar 150.000 folikel rambut, maka kerontokan itu masih dianggap wajar. Pada siklus yang wajar, 2% sampai 5 % dari rambut kepala orang dewasa menjalani masa istirahat. Menurut lembaga kosmetik pemerintah AS, dari seluruh kasus kerontokan normal atau sementara, 90% akan membaik kembali.

Penyebab kerontokan rambut antara lain:

Akibat stres 

Rambut rontok atau menipis dapat pula disebabkan oleh stres. Ketegangan fisik atau psikis menyebabkan rambut yang berhenti tumbuh (istirahat) meningkat sekitar 10%. Bila stres bisa teratasi, rambut biasanya akan normal kembali.

Karena sakit 

Keadaan orang sakit, seperti wanita bersalin, pasien yang menjalani operasi, penyakit demam atau panas tinggi sampai 39,5 derajat Celcius bisa pula menyebabkan rambut rontok.

Menjalani diet ketat 

Kerontokan rambut akan datang bila diet dilakukan dengan ketat, misalnya hanya mengkonsumsi buah-buahan. Buah-buahan memang sangat baik bagi kesehatan tubuh dan kulit kita.

Namun apabila dalam berdiet kita tidak mengkonsumsi makanan yang lain seperti kalori dan protein, maka bukan hanya kerontokan saja yang terjadi, melainkan tubuh pun akan tidak memiliki sumber energi yang cukup untuk melakukan berbagai kegiatan. Diet yang hanya mengkonsumsi jauh di bawah 1000 kalori perhari, bila berlarut-larut akan menyebabkan rambut menjadi ‘kelaparan’.

Selain tiga hal di atas, mineral besi, defisiensi seng, kalsium, magnesium dan krom juga menjadi penyebab paling umum kerontokan rambut. Di samping itu pengelolaan rambut yang kurang tepat bisa juga menyebabkan kerontokan dan mengurangi jumlah rambut. Misalnya keramas, menyisir atau menyikat rambut dengan cara yang kasar dan berlebihan.

Cara mengatasinya:

Sebelum tidur, olesi rambut dengan kondisioner, disisir sampai tuntas kemudian kenakan topi plastik dan bersihkan keesokan harinya. Dalam berkeramas, kurangi shampo dan sebaliknya perbanyaklah kondisioner.

Karena pemakaian shampo yang berlebihan dapat menyebabkan rambut menjadi ‘stres’ dan mudah rontok. Sedangkan kondisioner akan melapisi batang rambut dan menambah ketebalan. Rambut yang mulai menipis perlu dipotong agar terlihat lebih mengembang.

Selain itu kita juga harus memperbaiki menu makanan kita agar yang dibutuhkan rambut dapat tercukupi, meliputi makanan yang kaya akan vitamin A, B kompleks, E, zat besi dan sumber protein rambut.

Baca juga: Tips Mencegah Rambut Rontok

Related

Female 8627710150396532366
item