Tips bila Ingin Mengubah Warna Rambut

Tips bila Ingin Mengubah Warna Rambut

Naviri.Org - Sekarang sedang tren mewarnai rambut dengan warna-warni yang unik. Anda ingin mewarnai rambut tapi takut gagal? Tak perlu khawatir. Anda bisa mengikuti saran dari Daniel Galvin, seorang pakar pewarnaan rambut berikut ini:

Jangan mewarnai rambut dengan warna yang jauh lebih muda dari warna asli rambut Anda.

Jangan lakukan double-processing, yaitu bleaching dan pengecatan sekaligus, kecuali jika Anda melakukannya di salon.

Untuk yang baru pertama kali mewarnai rambut, cobalah dulu pewarna rambut sementara dalam bentuk busa atau yang disebut maskara rambut.

Untuk mendapatkan efek yang lebih lama, gunakan pewarna rambut semi permanen yang tidak mengandung hidrogen peroksida dan amonia sehingga tidak merusak rambut. Pemakaiannya praktis dan akan menghasilkan warna yang sesuai dengan gambar pada kemasan produknya.

Pewarna rambut jenis apapun yang Anda gunakan, lakukanlah tes alergi terlebih dulu. Cucilah rambut Anda, keringkan, lalu pilah-pilah menjadi beberapa bagian. Oleskan cairan pewarna pada sebagian kecil rambut, dan diamkan selama dua puluh menit. Setelah itu, bilas sampai bersih dan keringkan dengan handuk.

Periksa warnanya. Jika sudah memuaskan, lanjutkan pewarnaan pada keseluruhan rambut. Jika ingin warna yang lebih gelap, basahi dulu rambut Anda, baru kemudian tambahkan larutan pewarna lebih banyak. Periksa setiap lima menit. Jangan lupa, hitung berapa menit waktu yang Anda butuhkan untuk mendapatkan warna yang paling sesuai menurut Anda.

Apa yang perlu dilakukan bila perwarnaan gagal?

Kesalahan yang paling sering dilakukan adalah mendiamkan cairan pewarna terlalu lama sehingga menghasilkan warna yang tidak sesuai seperti yang diharapkan.

Jangan mencoba memperbaiki sendiri di rumah untuk menghindari risiko rambut bertambah rusak. Segera bawa kemasan pewarna rambut ke salon dan ceritakan apa yang terjadi kepada penata rambut agar dia membantu menghilangkan warna yang salah dan mengulang proses pewarnaan.

Mewarnai rambut di salon tentu lebih mahal dibandingkan dengan melakukannya sendiri di rumah. Tapi biasanya salon memiliki ahli-ahli pewarna rambut. Mereka tahu proses pewarnaan rambut yang benar.

Nilai positif lain dari pewarnaan rambut di salon adalah Anda bisa berkonsultasi dengan ahli rambut untuk memilih warna apa yang sesuai. Anda juga tak perlu takut wajah Anda akan ternoda oleh pewarna rambut karena salon memiliki peralatan khusus pelindung wajah.

Baca juga: Cara Merawat Rambut dengan Lidah Buaya

Related

Female 5701203889903407286
item