Gua Lascaux, Pesona Lukisan Purba di Dinding Gua

Gua Lascaux, Pesona Lukisan Purba di Dinding Gua

Naviri.Org - Lascaux Caves atau Gua Purba Lascaux adalah gua yang sangat terkenal di Prancis. Letaknya di barat daya negara tersebut. Pada dinding-dinding gua itu terdapat 900 jenis lukisan dari zaman Paleolitikum.

Usia lukisan itu diperkirakan telah mencapai 17.300 tahun. Sebagian lukisan terdiri dari gambar hewan besar yang tinggal di daerah itu ribuan tahun yang lalu. Fosil-fosil hewan dalam lukisan itu pun ditemukan di sekitar tempat itu.

Sejak tahun 1963, Gua Lascaux ditutup untuk umum, meski sebelumnya dibuka sebagai tempat wisata. Penutupan gua tersebut dimaksudkan untuk menjaga lukisan-lukisan zaman kuno yang ada di sana. Kehadiran banyak manusia di gua itu menjadikan kompleks gua penuh dengan karbondioksida yang diembuskan manusia saat bernapas. Karbondioksida itu rupanya merusak lukisan-lukisan di sana.

Sejak lokasi itu ditutup untuk umum, hanya petugas atau ilmuwan yang diizinkan memasuki kompleks Gua Lascaux, itu pun hanya beberapa menit setiap minggu. Pada 1979, Gua Lascaux telah ditambahkan dalam daftar situs warisan dunia oleh UNESCO.

Gua Lascaux, Pesona Lukisan Purba di Dinding Gua

Lihat juga: Plitvice Lakes National Park, Air Terjun Indah di Kroasia

Related

Traveling 4837617531905664916

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item