Peran Aplikasi Ponsel Dalam Kehidupan Modern

Peran Aplikasi Ponsel Dalam Kehidupan Modern

Naviri.Org - Ponsel telah menjadi barang kebutuhan penting manusia modern. Saat ini, bisa dibilang semua orang di dunia menggunakan ponsel. Dari begitu banyak orang yang menggunakan ponsel, sebagiannya adalah ponsel pintar yang biasa disebut smartphone. Yang khas dari smartphone atau ponsel pintar adalah keberadaan aneka aplikasi di dalamnya.

Kenyataannya, aplikasi telah menjadi sesuatu yang sangat penting dalam ponsel pintar. Tanpa aplikasi, ponsel pintar tidak bisa dibilang pintar, karena kadar “kepintaran” sebuah ponsel memang ikut ditentukan oleh berbagai aplikasi di dalamnya. Tanpa aplikasi, ponsel pintar tak jauh beda dengan ponsel biasa.

Kita tentu masih ingat ponsel berbasis sistem operasi BlackBerry atau Windows Phone. Dua jenis ponsel itu sebenarnya hebat, layaknya smartphone. Namun keduanya kemudian gagal di pasar, karena tidak mampu menyediakan aplikasi yang bagus dan beragam bagi penggunanya.

Hal itu berbeda dengan ponsel-ponsel yang berbasis sistem operasi Android dan iOS atau iPhone. Dua jenis ponsel itu terus berjaya, karena mampu menyediakan aneka aplikasi yang memperkaya hidup penggunanya.

Saat ini, aplikasi di ponsel pintar adalah segalanya. Hampir tiap jengkal kehidupan manusia kini, bisa diselesaikan hanya menggunakan suatu aplikasi. Mulai dari membaca, menonton, berinteraksi di media sosial, pesan instan, membeli tiket pesawat dan hotel, membeli berbagai barang, membantu mengatur jadwal pekerjaan, hingga memesan ojek atau taksi untuk mengantarkan kita ke tujuan, semuanya bisa dilakukan menggunakan aplikasi.

Berapa banyak aplikasi yang Anda pasang atau install di ponsel pintar milik Anda?

Sebagaimana diwartakan Techcruch, pengguna ponsel pintar rata-rata hanya menggunakan 5 aplikasi secara rutin.

Data yang dilansir Nielsen mengungkapkan pada kuartal 4 tahun 2014 lalu, pengguna ponsel pintar di Amerika Serikat rata-rata menggunakan 26,7 aplikasi per bulan. Dan rata-rata pengguna ponsel pintar di Amerika Serikat menghabiskan waktu 37 jam 28 menit per bulan dalam menghabiskan waktunya memainkan aplikasi.

Angka tersebut meningkat jika dibandingkan kuartal 4 tahun 2012. Kala itu, pengguna ponsel pintar di Amerika Serikat rata-rata menggunakan 26,5 aplikasi per bulan, dan menghabiskan waktu rata-rata 23 jam 2 menit per bulan untuk bermain-main dengan aplikasi.

Senada dengan data yang dipublikasikan Nielsen, laporan dari App Annie, sebuah firma pemasaran digital, berjudul “2016 Retrospective” mengungkapkan waktu yang dihabiskan untuk menggunakan aplikasi ponsel pintar di seluruh dunia meningkat lebih dari 150 miliar jam dari tahun ke tahun.

Di tahun 2016, App Annie memperkirakan waktu yang dihabiskan pengguna ponsel pintar seluruh dunia mencapai angka 900 miliar jam. Meningkat 25 persen dibandingkan waktu yang dihabiskan pada tahun 2015.

Berbanding lurus dengan waktu yang dihabiskan pengguna ponsel pintar yang kian meningkat, total jumlah download atau mengunduh aplikasi juga meningkat. Gabungan App Store dari Apple yang menyajikan aplikasi untuk iPhone, dan Play Store dari Google yang menyajikan aplikasi bagi Android, menghasilkan total lebih dari 90 miliar unduhan di tahun 2016 lalu.

Baik aplikasi bagi perangkat iPhone maupun Android, App Annie mengungkapkan bahwa Facebook menjadi yang paling unggul. Di iPhone, aplikasi Facebook menduduki peringkat pertama sebagai aplikasi yang memiliki jumlah pengguna aktif bulanan terbanyak. Sementara di perangkat Android, WhatsApp milik Facebook, menjadi yang terunggul sebagai aplikasi pemilik pengguna aktif bulanan terbanyak.

Untuk pasar Indonesia, App Annie mengungkapkan bahwa baik di iPhone maupun Android, WhatsApp menjadi yang paling unggul untuk urusan pengguna aktif bulanan. Dalam daftar yang dirilis, Go-Jek adalah satu-satunya aplikasi dari Indonesia yang masuk 10 besar di pasar Indonesia, sebagai aplikasi dengan jumlah pengguna aktif bulanan terbanyak. Di ponsel pintar iPhone, Go-Jek berada di peringkat 10 aplikasi pemilik pengguna aktif bulanan terbanyak, sedangkan pada perangkat Android di peringkat ke-8.

Dengan makin tercengkeramnya manusia kini dengan aplikasi yang terpasang di ponsel pintar, tak heran bahwa saat ini waktu yang dihabiskan untuk aplikasi jauh lebih banyak daripada waktu yang dihabiskan untuk menonton televisi.

Data yang dirilis Flurry, sebagaimana diberitakan Techcrunch, mengungkapkan di kuartal 2 tahun 2014 lalu, waktu yang dihabiskan orang Amerika Serikat menonton televisi masih jauh lebih banyak daripada waktu yang dihabiskan untuk aplikasi.

Kala itu, rata-rata perbandingannya adalah 168 menit waktu yang dihabiskan per hari untuk menonton televisi, berbanding 139 menit waktu yang dihabiskan untuk bermain-main dengan aplikasi ponsel pintar per hari. Sedangkan di kuartal-2 tahun 2015, keadaan mulai berbalik.

Orang Amerika Serikat menghabiskan waktu lebih banyak untuk aplikasi dibandingkan untuk televisi. Angka rata-ratanya mencapai 198 menit untuk aplikasi, berbanding 168 menit untuk televisi. Di dua data statistik tersebut, waktu yang dihabiskan untuk televisi sama, tapi waktu untuk aplikasi semakin meningkat.

Baca juga: Bagaimana Aplikasi Ponsel Mendapatkan Keuntungan?

Related

Smartphone 3729194522119248975

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item