Makanan-makanan yang Kaya Vitamin D

 Makanan-makanan yang Kaya Vitamin D

Naviri.Org - Lemahnya otot dan menurunnya kepadatan tulang adalah beberapa tanda seseorang mengalami kekurangan vitamin D. Anak-anak bahkan bisa terkena asma, sementara lansia bisa mengalami gangguan kognitif jika tidak cukup memenuhi kebutuhan vitamin D mereka. Karenanya, memenuhi kebutuhan vitamin D bisa dibilang sangat penting, karena sangat menunjang kesehatan serta menjauhkan masalah penyakit.

Vitamin D bisa diperoleh dengan mudah melalui sinar matahari pagi. Karenanya, berolahraga di pagi hari atau berjemur di pagi hari bisa membantu tubuh Anda mendapatkan asupan vitamin D.

Berapakah kebutuhan vitamin D setiap orang? Orang berusia 1-70 tahun membutuhkan asupan vitamin D sebanyak 15 mikrogram setiap hari. Sementara orang di atas 70 tahun, diajurkan mengonsumsi vitamin D harian sebanyak 20 mikrogram.

Berikut ini beberapa makanan yang kaya vitamin D, yang sangat baik dipilih untuk memenuhi kebutuhan vitamin D tubuh kita. Makanan-makanan berikut ini juga sangat baik untuk para vegetarian dalam mengasup vitamin D.

Produk kedelai

Makanan produk kedelai semacam tahu dan tempe merupakan sumber vitamin D. Selain murah dan dapat diperoleh dengan mudah, makanan ini juga bisa diolah dalam berbagai sajian yang enak.

Sereal

Sereal adalah menu sarapan sehat, karena mengandung vitamin D, khususnya untuk para vegetarian. Sangat disarankan untuk memeriksa label pada kemasan sereal, guna memastikan jumlah asupan tepat vitamin D.

Jamur

Kaum vegetarian yang menjauhi daging bisa mendapatkan asupan vitamin D dari jamur. Hidangan jamur bisa dinikmati sebagai makan malam yang lezat.

Jeruk

Dibanding buah lain, jeruk mengandung vitamin D paling banyak. Menikmati jus jeruk bisa memberi asupan kalsium dan vitamin D untuk tubuh Anda.

Margarin

Umumnya, margarin mengandung vitamin D. Namun, untuk memastikan hal tersebut, periksa labelnya dan pastikan memang terdapat kandungan vitamin D di dalamnya. Meski baik untuk dikonsumsi demi memperoleh asupan vitamin D, namun sebaiknya jangan mengonsumsi margarin dalam jumlah berlebihan.

Alternatif susu

Kaum vegetarian biasanya menghindari produk hewani, termasuk susu sapi. Jika Anda termasuk yang seperti itu, susu alternatif bisa dijadikan pilihan, semisal susu kedelai, atau lainnya. Selain rasanya tidak kalah lezat, kandungan gizinya juga cukup banyak.

Baca juga: Makanan-makanan yang Kaya Vitamin B3

Related

Health 8310456091092601330

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item