Manfaat Kesehatan di Balik Kopi Hitam

 Manfaat Kesehatan di Balik Kopi Hitam

Naviri.Org - Selain teh, kopi adalah minuman yang sama populer, dan banyak dikonsumsi masyarakat di berbagai belahan dunia. Sebegitu populer, sampai-sampai saat ini ada banyak produk kopi instan di pasaran, dengan berbagai rasa, dengan beragam harga. Bahkan Starbuck pun terkenal di seluruh dunia karena menyediakan minuman kopi.

Jika Anda termasuk penggemar kopi, Anda patut bersyukur. Karena, berdasarkan penelitian, kopi tidak hanya mengandung efek negatif seperti yang mungkin pernah Anda dengar. Berdasarkan penelitian, kopi—khususnya kopi hitam—memiliki aneka manfaat bagi kesehatan tubuh peminumnya. Berikut ini di antara manfaatnya.

Melindungi tubuh dari penyakit

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Cambridge menyebutkan, kopi hitam membantu melindungi tubuh dari penyakit seperti diabetes tipe 2, kanker, dan penyakit Parkinson. Selain itu, kopi hitam juga memiliki efek menurunkan berat badan.

Penelitian yang sama juga mencatat bahwa kopi dapat membantu melindungi tubuh dari kanker kolorektal karena bisa mengurangi kolesterol dan asam empedu, mengeluarkan sterol netral ke dalam usus besar, meningkatkan motilitas kolon, dan memiliki sifat antioksidan.

Mengandung banyak antioksidan

Penelitian yang dirilis dalam jurnal American Chemical Society menyebutkan, kopi hitam merupakan sumber antioksidan nomor satu. Antioksidan memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk mencegah kanker dan penyakit jantung.

Meningkatkan semangat

Kafein merupakan komponen utama dalam kopi hitam. Studi yang dilakukan terhadap minuman berkafein menyebutkan, bahwa kafein dalam kopi hitam mampu meningkatkan suasana hati dan kinerja yang berkelanjutan. Banyak orang juga mengandalkan kafein dalam kopi hitam untuk membuat mereka bersemangat di pagi hari.

Baca juga: Kepribadian Cowok Berdasarkan Warna Favorit

Related

Health 8183008348409408610

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item