Panduan Memilih Dokter Kandungan

 Panduan Memilih Dokter Kandungan

Naviri.Org - Proses memilih dan menentukan dokter kandungan sebaiknya mulai dilakukan sebelum hamil, sehingga Anda tidak bingung atau ragu ketika masa kehamilan tiba.

Dalam hal memilih dokter kandungan yang sekiranya tepat dan ideal, Anda bisa mencarinya melalui rekomendasi kawan-kawan, saudara, tetangga, atau orang lain yang pernah menjadi pasiennya. Melalui testimoni mereka, setidaknya Anda akan memiliki gambaran yang cukup untuk menentukan apakah dokter tersebut cocok bagi Anda atau tidak.

Seideal apa pun, dokter kandungan yang dipilih harus mampu membuat Anda merasa tenang dan nyaman dalam penanganannya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini tip dalam memilih dokter kandungan yang bisa Anda perhatikan.

Jenis kelamin

Sebagian ibu hamil memilih dokter kandungan yang berjenis kelamin wanita, namun ada pula ibu hamil yang merasa lebih nyaman berhubungan dengan dokter kandungan yang berjenis kelamin pria. Ini adalah masalah kecocokan atau kemantapan, yang masing-masing orang bisa saja berbeda.

Karenanya, Anda bisa menakar terlebih dulu, ingin berhubungan dengan dokter kandungan yang wanita ataukah pria. Yang jelas, hal terpenting dalam hal ini adalah tingkat kenyamanan dan kepercayaan Anda terhadap dokter tersebut. Jika Anda merasa lebih nyaman ditangani dokter wanita, tentukan pilihan pada dokter yang wanita. Begitu pula sebaliknya.

Tingkat kenyamanan di sini tidak hanya berhubungan dengan pemeriksaan atas kehamilan, namun juga pada komunikasi, keramahan, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan dokter-pasien.

Tempat praktik

Tidak perlu memaksakan diri untuk memilih dokter dengan reputasi terkenal, tapi tempat praktiknya sangat jauh dari tempat tinggal Anda. Selain menjadikan Anda lebih repot melakukan pemeriksaan rutin di masa kehamilan, Anda pun bisa jadi akan repot pada waktu kelahiran sudah tiba.

Idealnya, dokter yang memeriksa Anda selama masa kehamilan adalah dokter yang juga menangani kelahiran bayi Anda nantinya. Karenanya, jika dokter kandungan yang Anda pilih memiliki tempat praktik yang jauh dari tempat tinggal Anda, bisa jadi Anda akan kerepotan menghubunginya ketika masa melahirkan segera tiba.

Untuk itu, ada baiknya jika Anda tidak hanya memperhitungkan reputasi si dokter, melainkan juga jarak tempat praktiknya dengan tempat tinggal Anda. Semakin mudah dokter tersebut dijangkau atau dihubungi maka semakin baik.

Waktu praktik

Sebelum menentukan dokter untuk dipilih, pastikanlah bahwa waktu praktik dokter tersebut sesuai dengan waktu luang Anda. Karena jika waktu praktiknya ternyata bertepatan dengan waktu sibuk Anda, maka Anda akan kerepotan untuk rutin memeriksakan diri selama kehamilan.

Karenanya, pastikan bahwa dokter tersebut memiliki waktu praktik yang sesuai dengan waktu luang Anda. Akan lebih bagus kalau dokter tersebut juga membuka praktik di hari libur, misalnya hari Sabtu, sehingga Anda bisa mengunjunginya dengan lebih leluasa.

Tingkat pelayanan

Ada baiknya Anda memilih dokter yang komunikatif, dan bersedia dihubungi setiap saat. Selama kehamilan, apalagi jika ini adalah kehamilan pertama, ada kemungkinan banyak hal yang ingin Anda tanyakan dan ingin Anda ketahui. Selain itu, selalu tidak tertutup kemungkinan adanya masalah atau keluhan yang timbul secara tak terduga, dan Anda memerlukan konsultasi dengan dokter Anda.

Karenanya, memilih dokter yang komunikatif dan siap dihubungi kapan saja bisa menenteramkan Anda.

Sesuai kebutuhan

Apabila Anda mempunyai riwayat kesehatan tertentu, misalnya pernah mengalami keguguran atau terinfeksi TORCH, sebaiknya pilihlah dokter yang memiliki pengalaman menangani kasus tersebut.

Selain itu, ada beberapa dokter yang berprinsip bahwa kelahiran alami merupakan prioritas utama, dan kelahiran caesar merupakan alternatif terakhir. Dalam hal ini, Anda biasanya akan diupayakan dengan berbagai cara agar dapat melahirkan secara alami. Karena, pada praktiknya, banyak dokter yang langsung mengambil keputusan kelahiran caesar, dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu.

Aturan kantor/asuransi

Apabila Anda bekerja di sebuah kantor atau mengikuti sebuah asuransi yang mengatur dokter mana yang sebaiknya dipilih untuk urusan kehamilan, maka Anda perlu mencermati hal ini—khususnya jika Anda ingin biaya persalinan ditanggung oleh kantor atau asuransi.

Namun, jika yang menjadi tujuan utama Anda adalah kecocokan dan kenyamanan dengan dokter yang Anda pilih, maka Anda bisa mengabaikan hal di atas.

Testimoni dan rekomendasi

Jika kawan, saudara, atau tetangga Anda pernah berhubungan dengan seorang dokter tertentu selama kehamilannya, tidak ada salahnya Anda meminta testimoni mereka sebagai pertimbangan tambahan, sekaligus untuk meyakinkan diri apakah dokter tersebut memang layak dipilih.

Dari mereka Anda akan mengetahui secara lebih banyak mengenai pelayanannya, saran dan konsultasinya, penanganan persalinan serta paska persalinan, dan hal-hal lain yang berkaitan, sehingga Anda pun akan merasa lebih mantap dan tidak ragu-ragu sewaktu memilihnya.

Baca juga: Panduan Kursus Persiapan Kelahiran

Related

Pregnancy 3271784743185954117

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item