Jenis-jenis Teh yang Berkhasiat bagi Tubuh

teh oolong

Naviri.Org - Menikmati teh telah menjadi kebiasaan banyak orang—tidak hanya di Indonesia, tapi juga di luar negeri. Saat bangun tidur di pagi hari, segelas teh hangat bisa membantu menghangatkan badan. Saat sore hari, setelah mandi, segelas teh juga bisa menjadi teman beristirahat. Yang menyenangkan, teh tidak hanya minuman yang menyegarkan, namun juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Telah lama teh dikenal sebagai salah satu minuman antikanker, karena kandungan di dalamnya bermanfaat dalam mencegah kanker. Selain itu, beberapa jenis teh berikut ini memiliki khasiat sangat bagus bagi peminumnya.

Teh oolong

Teh oolong adalah campuran dari beberapa jenis daun teh, sehingga memberikan cita rasa yang beraneka. Teh oolong membantu menurunkan berat badan, mencegah penuaan dini, mengatasi kerusakan gigi, juga berkhasiat menjaga kesehatan ginjal dan limpa.

Untuk mengonsumsinya, tuangkan air (yang telah dipanaskan dalam suhu 85 derajat) ke dalam cangkir berisi teh oolong. Tunggu selama 5 menit, lalu saring sisa daun teh, dan minum selagi hangat.

Teh teratai biru

Teh herbal ini membantu menghilangkan stres dan membuat tubuh merasa lebih rileks, sehingga berfungsi seperti obat penenang. Bunga teratai juga dikenal sebagai afrodisiak yang dapat meningkatkan gairah dan respons seksual, sejak zaman Mesir kuno. Masyarakat Mesir bahkan sering menggunakannya sebagai tonik kesehatan.

Untuk mengonsumsinya, seduh teh dengan air panas, kemudian biarkan selama 10-20 menit untuk mendapatkan hasil terbaik. Setelah itu nikmati selagi hangat.

Teh merah

Bisa dibilang, masing-masing jenis teh memiliki kelebihannya sendiri. Begitu pula dengan teh merah. Teh jenis ini dikenal ampuh dalam meningkatkan sirkulasi darah, juga dapat meningkatkan sistem pernapasan. Jika Anda sedang menderita diare, sebaiknya minumlah teh merah tanpa gula.

Teh bunga krisan

Setelah bekerja berjam-jam di depan layar monitor, mata kita sering kali merasa lelah. Untuk mengatasinya, teh bunga krisan bisa dijadikan pilihan, karena teh jenis ini mampu membantu menyegarkan mata lelah, juga menyembuhkan batuk, pilek, demam, hingga dapat mengurangi radang hati.

Teh putih

Meski mungkin tidak sepopuler jenis teh lain, teh putih memiliki sifat antikanker dan kemampuan dalam meningkatkan kepadatan tulang. Minuman herbal ini juga dapat membantu pertumbuhan gigi agar lebih kuat.

Baca juga: Cara Minuman Energi Mempengaruhi Tubuh

Related

Health 4292346636122797453

Recent

item