Penyebab Cowok Mencari Cewek yang Lebih Muda, dan Cewek Menginginkan Cowok yang Lebih Tua

Penyebab Cowok Mencari Cewek yang Lebih Muda, dan Cewek Menginginkan Cowok yang Lebih Tua

Naviri.Org - Ini mungkin sudah menjadi sesuatu yang klasik, baik pertanyaannya ataupun mungkin jawabannya. Secara umum, cewek memang mengharapkan pasangan yang lebih tua dari dirinya, begitu pula cowok cenderung mencari pasangan yang lebih muda dari dirinya. Alam memang telah mengaturnya dengan rapi, kan?

Coba bayangkan, kalau masing-masing jenis kelamin ini memiliki keinginan yang sama, yang justru membuat mereka jadi sulit untuk bertemu. Misalnya, baik cowok ataupun cewek sama-sama menginginkan pasangan yang lebih tua, atau sama-sama menginginkan pasangan yang lebih muda. Kacau.

Nah, mengapa cowok menginginkan pasangan yang lebih muda darinya? Cowok-cowok ini tidak hanya menjadi budak alam semata. Meskipun secara insting mereka mencari pasangan yang usianya lebih muda, tetapi mereka juga memiliki pertimbangan-pertimbangan tertentu yang bersifat rasional. Setidaknya, ada lima alasan yang mendasari pilihan itu.

Alasan pertama mengapa mereka mencari pasangan yang lebih muda adalah karena faktor kedewasaan dirinya. Para cowok tahu bahwa mereka lebih lambat dewasa dibanding cewek. Cewek bisa tiga sampai lima kali lebih cepat dewasa dibanding cowok, dan karena itulah kemudian mereka sengaja memilih cewek yang secara umur lebih muda dari mereka agar mereka tidak “ketinggalan” oleh pasangannya.

Faktor alasan ini biasanya menjadi dasar bagi cowok-cowok yang mencari pasangan lebih muda antara tiga sampai lima tahun dari dirinya.

Alasan kedua adalah ego. Cowok ingin menjadi “kepala” dalam hubungannya dengan seorang cewek, apalagi nanti ketika sampai membangun keluarga. Karenanya, cowok lebih suka menjadi pihak yang aktif mencari nafkah dan menjadi pihak yang “memberi”, karena itu akan memantapkan egonya.

Untuk itulah mereka sengaja mencari pasangan yang berusia lebih muda. Karena, kalau ternyata pasangannya nanti juga bekerja atau berkarir, setidaknya si cowok akan tetap lebih mapan secara finansial dibanding pasangannya yang mungkin baru akan merintis karirnya.

Alasan ketiga adalah alasan yang bijak, yakni karena cowok ingin dapat mengayomi cewek pasangannya.

Cowok-cowok sengaja mencari pasangan yang lebih muda karena mereka ingin yakin bahwa mereka tetap lebih dewasa dan lebih matang dibanding ceweknya, dengan harapan agar dirinya dapat belajar menjadi sosok yang (lebih) dewasa, dapat menjadi pendengar yang baik ketika pasangannya berkeluh-kesah, dan juga dapat menjadi sandaran yang teguh bila pasangannya merapuh.

Tiga alasan di atas biasanya menjadi dasar pertimbangan cowok-cowok yang mencari pasangan lebih muda antara tiga, lima, sampai sepuluh tahun. Namun ada pula cowok-cowok yang membatasi usia pada hanya dua sampai tiga tahun lebih muda. Artinya mereka tidak ingin terlampau jauh lebih tua dibanding cewek pasangannya. Untuk pilihan jenis ini, setidaknya ada dua alasan yang mendasarinya.

Pertama, keseimbangan. Cowok-cowok ini berpikir kalau perbedaan yang tak terlalu jauh akan membuat mereka menjadi lebih mudah untuk seimbang atau saling menyeimbangkan diri. Mereka memiliki usia yang tak terpaut jauh, dan setidaknya itu akan memudahkan hubungan dan bagaimana mereka akan memandang hidup dan masa depan. Si cowok tidak akan merasa sok tua, si cewek pun tidak akan sok kekanak-kanakan.

Alasan kedua adalah faktor komunikasi. Cowok-cowok sengaja mencari pasangan yang usianya tak terpaut jauh dari dirinya karena tidak menginginkan gap atau halangan dalam komunikasi.

Tahu sendirilah, manusia produk tahun 70-an tentu saja beda dengan orang-orang keluaran tahun 90-an. Bukan hanya dalam pengalaman hidup, tetapi juga dalam komunikasi. Karena usia tak terpaut jauh, cowok-cowok itu akan merasa lebih nyaman karena dia hidup dengan seseorang yang sama-sama mengalami pengalaman yang sama dengannya, karena hidup dalam generasi yang sama.

Itu alasan-alasan yang mendasari mengapa cowok mencari pasangan yang relatif lebih muda dari dirinya. Bagaimana dengan cewek? Mengapa mereka cenderung menginginkan pasangan yang lebih tua darinya? Setidaknya juga ada lima alasan plus satu alasan lainnya yang mendasari hal itu.

Alasan pertama adalah karena cewek berpikir bahwa cowok yang lebih tua usianya berarti juga lebih matang, lebih dewasa dan lebih sabar. Ini akan menjadikan mereka merasa lebih nyaman dalam hubungannya, karena setidaknya mereka berpikir memiliki sosok yang dapat diandalkan dalam hal-hal yang bersifat psikologis.

Alasan kedua, tak jauh beda dengan yang pertama, yakni karena cewek berpikir kalau cowok yang lebih tua akan memiliki jiwa yang lebih stabil, tidak plin-plan atau tidak mudah berubah dalam pendiriannya.

Menjalani hubungan dengan sosok cowok semacam itu tentu akan membuat seorang cewek akan merasa aman sekaligus nyaman karena setidaknya dia akan terhindar dari kemungkinan keputusan yang bersifat emosional dari si cowok.

Alasan ketiga karena faktor pengalaman. Ini biasanya menjadi alasan bagi cewek yang menginginkan pasangan yang usianya lebih tua—dan terpaut jauh dari dirinya. Tipe cowok yang kebokapan, atau yang kebapakan, gitu.

Jadi, cewek-cewek ini sengaja mencari cowok yang kebokapan itu karena berpikir kalau si cowok akan lebih memiliki pengalaman yang cukup dalam menghadapi seorang cewek, sehingga si cewek tidak perlu “mengajarinya” lagi.

Alasan keempat adalah karena faktor kemantapan finansial. Secara sosial dan ekonomi, cowok-cowok yang telah berusia matang atau setidaknya lebih tua dari si cewek biasanya akan memiliki kemantapan yang lebih baik dibanding cowok-cowok yang usianya sama dengan si cewek.

Alasan kelima, dan ini alasan spesial, adalah untuk bisa mendapatkan figur seorang ayah yang mungkin tidak atau belum pernah didapatkan si cewek.

Alasan keenam... ya suka-suka aja! Emang napa kalo nyari cowok yang lebih tua...?

Baca juga: Mengapa Cowok Brengsek Mudah Mendapatkan Pacar

Related

Relationship 1707720172771371418

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item