Wow, Minyak Sayur untuk Bahan Bakar Pesawat

Naviri.Org - Pernahkah terbayang dalam benak Anda mengenai pesawat terbang yang menggunakan minyak sayur sebagai bahan bakarnya? Kenyata...

Wow, Minyak Sayur untuk Bahan Bakar Pesawat

Naviri.Org - Pernahkah terbayang dalam benak Anda mengenai pesawat terbang yang menggunakan minyak sayur sebagai bahan bakarnya? Kenyataan unik itulah yang terjadi di New Zealand atau Selandia Baru. Sebuah pesawat Boeing 747-400 berhasil terbang selama 2 jam ketika menjalani percobaan dengan menggunakan minyak sayur, untuk menyalakan mesin pesawat penumpang tersebut.

Tentu saja minyak sayur yang dijadikan bahan bakar pesawat terbang tersebut tidak murni minyak sayur. Dalam arti, penggunaan minyak sayur tetap dicampur dengan bahan bakar yang memang biasa digunakan untuk pesawat tersebut, dengan perbandingan 50:50. Tetapi, meski begitu pun, kenyataan ini tetap saja merupakan suatu prestasi yang membanggakan.

Minyak sayur yang digunakan di dalam percobaan di atas berasal dari minyak tanaman jatropha, sedangkan bahan bakar pesawat Boeing 747-400 itu adalah bahan bakar A1, yang merupakan bahan standar untuk mesin jet. Menurut David Morgan, yang menjadi kepala pilot proyek ini, percampuran antara kedua minyak itu mampu bekerja dengan sangat baik pada sistem mesinnya.

Diharapkan, penggunaan minyak sayur sebagai bahan bakar ini dapat dikembangkan secara lebih lanjut, karena bahan bakar yang berasal dari tanaman alias biofuel ini menggunakan banyak sekali tanaman, sehingga memiliki emisi yang lebih sedikit dibanding bahan bakar tradisional seperti ethanol.

Perusahaan pesawat udara New Zealand menyatakan, proyek ini merupakan kali pertama generasi kedua bahan bakar dari tanaman dipergunakan. Sementara Kepala Eksekutif, Rob Fyfe, mengatakan bahwa kesimpulan atas uji coba penerbangan itu menjadi pencapaian yang penting bagi penerbangan komersial, dan juga perusahaan penerbangan.

Asosiasi Transportasi Udara Internasional mengharapkan bahan bakar penerbangan yang merupakan percampuran biofuel ini sudah dapat digunakan dan tersedia pada tahun 2017. Kita tunggu saja.

Baca juga: Batu Aneh Berbentuk Pesawat UFO

Related

World's Fact 2446542980059337836

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item