15 Makanan yang Bisa Membuat Anda Gemuk

15 Makanan yang Bisa Membuat Anda Gemuk

Naviri.Org - Kegemukan bisa terjadi karena faktor keturunan, gaya hidup, atau karena faktor makanan. Jika orangtua kita termasuk gemuk, kita memiliki kemungkinan besar untuk ikut gemuk, meski bukan tidak mungkin kita bisa memiliki berat badan yang ideal. Kemudian, gaya hidup, juga berpengaruh. Jika kita lebih banyak bermalas-malasan, asyik menonton televisi seharian, dan kurang bergerak atau olahraga, maka kita juga punya kemungkinan untuk gemuk, akibat lemak yang terkumpul.

Selain faktor keturunan dan gaya hidup, makanan yang kita konsumsi juga dapat membuat gemuk. Berikut ini makanan-makanan yang dapat membuat badan kita melar, jika sering dikonsumsi.

Pure kentang

Pure kentang bisa membuat gemuk, apalagi jika proses pengolahannya menggunakan krim dan mentega. Sebagai ilustrasi, dalam setengah mangkuk saji pure kentang sudah mengandung 200 kalori.

Permen

Permen mungkin tampak sepele, selain bentuknya yang kecil. Tetapi makanan itu mengandung jenis lemak jahat, sementara kadar gulanya sangat tinggi. Selain permen, makanan lain yang berpotensi membuat gemuk di antaranya donat, cake, dan bolu gulung.

Es krim

Kenikmatan es krim selalu tampak menggoda, hingga banyak orang yang kesulitan menahan hasrat untuk menikmatinya. Namun, es krim mengandung lemak tinggi, juga gula dan kalori. Hasilnya, tubuh bisa mengalami kegemukan.

Keripik kentang

Keripik kentang mengandung garam yang sangat tinggi, selain lemak, gula, dan kalori. Yang juga perlu diperhatikan, keripik kentang mengandung banyak bahan pengawet, perasa, dan pemanis buatan, yang jelas-jelas dapat merugikan kesehatan.

Daging olahan

Daging olahan, semisal hotdog, sosis, dan daging olahan sejenis, memang praktis untuk disajikan. Sayangnya, daging olahan memiliki kadar garam sangat tinggi, dan juga mengandung lemak jahat.

Gorengan

Makanan gorengan yang biasa kita peroleh di pinggir jalan umumnya menggunakan minyak yang tidak diganti setiap menggoreng. Akibatnya, kandungan lemaknya sangat tinggi, serta kurang terjamin kebersihannya.

Makanan cepat saji

Makanan cepat saji semisal hamburger, kentang goreng, dan lainnya, memiliki kandungan lemak sangat tinggi, serta kalori yang sama tingginya. Sementara kandungan nutrisi yang menyehatkan dalam makanan cepat saji nyaris tidak ada.

Minuman bersoda

Minuman bersoda memang menyegarkan, apalagi jika diminum saat siang terik. Sayangnya, minuman bersoda sama sekali tidak mengandung nutrisi, selain hanya mengandung gula, sodium, dan kalori.

Sereal

Sereal mengandung karbohidrat yang tinggi, dan semakin menjadi ancaman jika dikonsumsi dengan rasa manis dari gula. Menjadi ancaman, karena berpotensi meningkatkan gula darah, dan menyebabkan tubuh menimbun lemak.

Susu

Susu mengandung kalsium yang baik untuk tubuh, namun susu juga mengandung lemak sangat tinggi, yang akan menambah kadar lemak dalam tubuh. Karenanya, jika memang ingin mengambil manfaat kalsiumnya, ganti saja dengan mengonsumsi susu yang bebas lemak, atau minimal yang sudah dikurangi kandungan lemaknya.

Kuah daging

Kuah daging bisa menjadi penambah rasa makan siang atau makan malam, sehingga lebih mengundang selera. Sayangnya, kuah daging mengandung lemak dan karbohidrat yang sama-sama tinggi.

Roti

Roti yang paling berpotensi membuat badan gemuk adalah roti yang terbuat dari tepung yang telah mengalami proses penghalusan, sehingga kandungan lemak dan karbohidratnya sangat tinggi. Kalau ingin yang lebih baik, cobalah mengonsumsi roti gandum, sehingga dapat manfaat dari seratnya.

Whipped cream

Whipped cream sering dipakai sebagai penghias pada jus stroberi dan dressing salad, semuanya mengandung lemak tinggi, sehingga akan menjadi kalori tinggi jika tercampur dengan makanan sehat yang kita makan. Sebaiknya, jika mengonsumsi makanan sehat, tidak usah dibumbui aneka krim atau topping.

Mayones

Mayones mengandung sekian banyak ikatan lemak di dalamnya. Karenanya, jika Anda termasuk penyuka mayones, sebaiknya gunakan sedikit saja.

Kopi instan

Kopi instan telah menjadi bagian hidup banyak orang, hingga bisa dibilang nyaris ada di rumah kita. Cara penyajiannya pun praktis, karena tinggal menuangkan air panas. Sayangnya, minuman yang enak dan praktis itu mengandung banyak lemak.

Related

Health 133827598257719358

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item