Aneka Manfaat Avokad untuk Kesehatan (2)

 Aneka Manfaat Avokad untuk Kesehatan

Naviri.Org - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Avokad untuk Kesehatan 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Terkait dengan diabetes, avokad mengandung asam oleic yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), dan di saat bersamaan membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL). Menjaga kadar kolesterol adalah hal penting bagi penderita diabetes, karena mereka memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih tinggi.

Mengonsumsi lebih banyak lemak tak jenuh tunggal dalam diet diabetes juga penting dalam mengurangi trigliserida, dan dapat membantu memperbaiki fungsi insulin serta glukosa darah.

Kemudian, avokad juga mengandung vitamin C yang membantu memperkuat pembuluh dan kapiler darah, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, serta mengurangi masalah kesehatan lain yang dialami penderita diabetes. Sementara vitamin E dalam avokad membantu menurunkan oksidasi kolesterol yang berakibat pada serangan jantung dan stroke.

Terakhir, kandungan tinggi potasium pada avokad merupakan faktor nutrisi penting lain bagi penderita diabetes, karena fungsinya dalam mempertahankan jantung yang sehat dan meregulasi gula darah.

Mengatasi masalah arthritis

Osteoarthritis adalah penyakit akibat inflamasi sendi dan kaku, yang dialami jutaan orang di dunia. Banyak makanan seperti gandum, jagung, susu, dan gula, yang dianggap memperburuk gejala penyakit ini. Namun, avokad adalah salah satu dari beberapa makanan yang dapat mengurangi rasa sakit akibat arthritis.

Avokad mengandung lemak tak jenuh tunggal, fitosterol, dan antioksidan seperti vitamin E, vitamin C, serta beragam karoten, yang dapat membantu mengurangi inflamasi yang mengakibatkan arthritis.

Mangonsumsi avokad secara rutin memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya jantung lebih sehat, kulit lebih sehat, membantu mengurangi berat badan, dan mengobati atau menghindari masalah serius seperti diabetes dan arthritis.

Menjauhkan kanker mulut

Penelitian menemukan, bahwa senyawa tertentu dalam avokad dapat mencari tumbuhnya sel-sel kanker mulut, dan menghancurkannya tanpa merusak sel-sel yang sehat.

Mengurangi risiko kanker payudara

Berbagai penelitian telah menemukan, asam oleat yang terkandung di dalam avokad terbukti mampu mencegah atau menurunkan risiko terjadinya kanker payudara.

Menjaga kesehatan mata

Avokad memiliki lebih banyak zat lutein karotenoid dibandingkan buah-buahan  lainnya. Lutein mampu melindungi tubuh dari degenerasi makula dan katarak.

Memenuhi kebutuhan folat

Satu gelas avokad memiliki 23% folat dari jumlah kebutuhan folat dalam sehari. Studi menunjukkan, bahwa orang yang mengonsumsi makanan yang kaya folat memiliki potensi lebih rendah untuk terkena serangan penyakit jantung, dibandingkan orang yang tidak pernah mengonsumsinya. Vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal dalam avokad juga baik untuk jantung Anda.

Mencegah penyakit stroke

Masih terkait dengan folat yang terkandung dalam avokad, studi juga menemukan bahwa folat dalam avokad mampu melindungi tubuh dari serangan penyakit stroke. Orang yang mengonsumsi makanan kaya folat—semisal avokad—memiliki risiko lebih rendah dari kemungkinan terserang penyakit stroke, dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi makanan kaya folat.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan potasium/kalium dan lemak nabati tak jenuh yang terdapat dalam avokad memiliki manfaat dalam membantu menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah depresi, hingga menghindarkan kita dari serangan penyakit stroke.

Anda yang kebetulan menderita tekanan darah tinggi, juga bisa memanfaatkan daun avokad untuk penyembuhan. Caranya, ambil daun avokad yang masih muda, kemudian cuci bersih. Seduh dengan air panas, lalu biarkan dingin. Minum 2 kali sehari pada pagi dan sore sebanyak masing-masing 1 gelas.

Mengatasi sariawan

Sariawan biasa ditandai dengan bibir pecah atau luka. Masalah semacam itu bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi avokad. Kandungan vitamin C dalam avokad dapat membantu mengatasi infeksi dan sariawan.

Jika Anda belum mengalami sariawan, rutin mengonsumsi avokad akan menjauhkan Anda dari masalah tersebut. Jika Anda kebetulan sedang mengalami sariawan, Anda bisa mengatasinya dengan cara mengambil satu buah avokad yang telah masak, lalu keruk daging buahnya, dan beri 2 sendok makan madu murni. Aduk merata, lalu dimakan. Lakukan secara rutin, dan sariawan akan cepat sembuh.

Atau, Anda bisa pula mengonsumsi buah avokad yang telah masak, 2 kali sehari sebanyak masing-masing 2 buah.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Avokad untuk Kesehatan (3)

Related

Health 6397962235286693386

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item