Aneka Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan

 Aneka Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan

Naviri.Org - Aprikot (Prunus armeniaca) adalah salah satu spesies dari subgenus Prem. Aprikot memiliki pohon yang kecil, dengan tinggi 8-12 meter, dengan lingkar batang hingga 40 cm. Daun aprikot berbentuk bulat telur, memilki lebar 4-8 cm dengan dasar bulat, ujung runcing, serta pinggiran bergerigi halus. Sementara bentuk buahnya bulat serta berwarna kuning jika matang.

Asal tanaman aprikot sulit dipastikan, karena telah dibudidayakan sejak zaman prasejarah. Kemungkinan besar tanaman ini berasal dari sebelah utara dan barat daratan Cina atau Asia Tengah, tapi mungkin pula berasal dari Korea atau Jepang. Yang jelas, berdasarkan penelitian yang telah banyak dilakukan, buah aprikot memiliki manfaat untuk kesehatan.

Aprikot memiliki kandungan karotenoid yang tinggi, bahkan di atas rata-rata buah lain. Antioksidan tersebut mampu membantu mencegah serangan jantung, mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh, dan mengurangi risiko terkena kanker.

Selain itu, biji aprikot berkhasiat untuk memperkuat sistem respirasi, sehingga dapat mengurangi batuk dan asma. Namun, perlu diketahui bahwa ujung biji aprikot mengandung sejumlah konsentrat unsur kimia yang bisa mengakibatkan ketidakseimbangan dalam proses tubuh, sehingga wajib dihindari.

Aprikot juga memiliki kandungan fiber cukup tinggi, sehingga dapat digunakan sebagai pereda diare atau konstipasi. Sementara vitamin yang terkandung dalam aprikot di antaranya adalah vitamin A, C, K, E, serta niasin (vitamin B3), dan vitamin utama lain dengan jumlah kurang dari 5% dari keperluan harian.

Kemudian, kandungan mineral aprikot mencakup kalium, mangan, tembaga, magnesium, serta fosfor. Aprikot juga sumber serat yang sangat baik, sebagaimana sebagian besar buah-buahan.

Di Cina, aprikot biasa digunakan untuk membantu regenerasi cairan tubuh, detoksifikasi, dan penawar dahaga yang manjur. Melihat banyaknya kandungan zat yang bermanfaat di dalamnya, aprikot pun mampu membantu menjaga kesehatan, dan berikut ini beberapa khasiat aprikot.

Melindungi kesehatan tulang

Aprikot mengandung semua mineral yang dibutuhkan untuk perkembangan tulang yang sehat, dalam jumlah yang baik. Kalsium, fosfor, mangan, zat besi, serta tembaga, yang terdapat dalam aprikot, semuanya membantu memproduksi materi pembentuk tulang. Karenanya, mengonsumsi aprikot dapat menjaga perkembangan serta perubahan tulang yang sehat, dan menghindari beragam keadaan yang terkait usia, semisal osteoporosis.

Melindungi kesehatan jantung

Aprikot sangat ideal untuk menjaga kesehatan jantung. Buah ini mengandung vitamin C dalam dosis tinggi, juga kalium yang berperan dalam menjaga jantung dari kemungkinan masalah. Vitamin C dalam aprikot membantu melindungi jantung dari radikal bebas, sedangkan kalium membantu menurunkan tekanan darah dan merilekskan arteri.

Kemudian, serat dalam aprikot membantu mengurangi kolesterol pada dinding pembuluh darah dan arteri, sehingga mengurangi tekanan pada jantung. Semua sifat itu menunjang jantung dalam kondisi baik dan sehat.

Melindungi kesehatan mata

Aprikot mengandung betakaroten, yang merupakan salah satu zat penting untuk melindungi kesehatan mata.

Mengatasi sembelit

Masalah sembelit bisa diatasi dengan aprikot, karena buah ini mengandung serat yang tinggi. Aprikot juga membantu membersihkan pencernaan.

Mengatasi anemia

Aprikot mengandung mineral besi serta tembaga yang membantu produksi hemoglobin dalam tubuh. Karena kenyataan itu, aprikot pun sering direkomendasikan untuk dikonsumsi penderita anemia.

Meredakan asma

Di antara manfaat lain aprikot dalam menunjang kesehatan adalah kemampuannya dalam meredakan masalah asma, TBC, dan bronkhitis.

Mengatasi demam dan membantu detoksifikasi

Karena kandungan mineral, kalori, serta air di dalamnya, aprikot sangat baik untuk dikonsumsi orang yang menderita demam. Sebagian orang mengonsumsi aprikot untuk mengatasi demam dengan cara dibuat jus, sebagian lain dengan cara mengukus buah ini. Aprikot memiliki kemampuan anti-inflamasi yang dapat mempengaruhi suhu tubuh saat Anda sakit.

Selain mengatasi demam, aprikot juga baik untuk detoksifikasi, yang membantu membersihkan sistem dan organ tubuh. Mengonsumsi aprikot juga dapat mengurangi sakit karena radang, seperti arthritis atau gout.

Mengatasi masalah kulit

Aprikot mengandung vitamin A yang mampu mengasup 60 persen keperluan harian Anda. Dengan kandungan vitamin A yang tinggi, aprikot pun telah lama dikaitkan dengan perlindungan kulit dari dampak radikal bebas. Karenanya, rutin mengonsumsi aprikot bisa membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, menjaga tingkat kekenyalannya, serta terhindar dari penuaan dini.

Selain itu, dengan kandungan antioksidan yang ada di dalamnya, aprikot juga membantu mengatasi masalah kulit seperti eksim, gatal, kudis, dan problem kulit yang lain.

Related

Health 8102975335270153717

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item