Kendaraan Darat Paling Cepat di Dunia

 Kendaraan Darat Paling Cepat di Dunia

Naviri.Org - Andy Green dari OBE (Order of the British Empire), dua belas tahun lalu memecahkan rekor dengan berhasil melaju di atas kendaraan super cepat, Thrust SSC (Super Sonic Car), yang mampu menembus kecepatan suara. Dua belas tahun lalu, Thrust SSC merupakan kendaraan darat paling cepat yang mampu melaju hingga kecepatan 763,053 mph (1.228,015 km/jam).

Tetapi rupanya Andy Green belum puas. Kini, bersama rekannya yang juga pemecah rekor dunia, Richard Noble, dia berencana menciptakan rekor baru dengan kendaraan darat yang lebih cepat, yang diharapkan dapat melaju hingga kecepatan 1.000 mph (1.609,344 km/jam).

Proyek impian untuk memecahkan rekor dalam hal kecepatan kendaraan darat ini dinamakan Bloodhound Project, berbasis di wilayah Filton, Bristol, Inggris. Salah satu sponsornya adalah STP, pelumas kendaraan terkenal itu. Dalam hal pensponsoran, STP memang bukan sosok baru. Selain mensponsori proyek ini, STP juga telah mensponsori Athol Graham, pemecah rekor Amerika Serikat, pada tahun 1959, dan Art Arfons ketika dia mencetak rekor kecepatan pada awal tahun 1960-an di Bonneville Salt Flats.

Selain STP, proyek ini juga disponsori oleh Swansea University, Engineering and Physical Sciences Research Council, Serco, serta University of The West of England.

Bloodhound Project, yang digagas Andy Green dan Richard Noble ini, selain bertujuan untuk memecahkan rekor, juga untuk merangsang minat anak muda Inggris dalam bidang penelitian ilmiah, teknologi, teknik mesin dan reka-bangun serta matematika. Lebih dari itu, Bloodhound Project juga ingin membangun peningkatan minat profesi atau karir di bidang teknik.

Untuk mewujudkan impian di atas, mereka menciptakan kerangka kendaraan yang merupakan kombinasi antara jet, roket, dan mesin piston konvensional. Kendaraan dengan panjang 12,8 meter dan bobot mencapai 6.420 kilogram ini diyakini akan menjadi kendaraan darat paling cepat di muka bumi, serta menjadi tantangan terbesar dalam dunia motor sport di dunia. Kendaraan super cepat ini dinamai Bloodhound SSC.

Untuk dapat menjadi kendaraan dengan kecepatan super-tinggi, Bloodhound SSC didukung dengan rancangan hebat, melalui riset aerodinamika yang mendalam, penggunaan material berteknologi tinggi, serta teknologi permesinan paling canggih.

“Belum pernah ada kendaraan seperti Bloodhound selama ini. Proyek ini sangat mengagumkan,” kata Richard Noble.

Pada tahap awal pengujian, Bloodhound SSC diharapkan mampu melesat hingga 800 mph (1.287,475 km/jam). Setelah itu, kecepatannya akan dikembangkan hingga 900 mph (1.448,409 km/jam), untuk kemudian mencapai target 1.000 mph. Kemungkinan besar, lokasi yang akan dijadikan ajang pemecahan rekor paling dahsyat ini akan dilakukan di Black Rock Desert, Nevada, tempat dimana Andy Green memecahkan rekor 12 tahun sebelumnya.

Jika kelak Bloodhound SSC mencapai target kecepatan 1.000 mph (1.609,344 km/jam), maka berarti kendaraan ini akan melebihi kecepatan suara yang hanya 1.238 km/jam, atau di atas kecepatan pesawat udara yang hanya bisa mencapai 994 mph (1.599,687 km/jam). Lesatan yang dihasilkannya bisa lebih cepat dari peluru yang dimuntahkan pistol.

Dengan diameter 900 milimeter, ban Bloodhound SSC dapat berputar sebanyak 10.000 kali per menit. Jika kendaraan ini melaju dengan kecepatan 1.000 mph seperti yang diharapkan, maka Andy Green, si pengendara, dapat menempuh jarak 500 meter hanya dalam sekedipan mata. Benar-benar dahsyat!

Yang paling menarik dalam proyek ini adalah keterbukaannya, sehingga publik dapat terus memantau perkembangannya. Bahkan sebuah situs khusus dibuat di internet, dengan tujuan agar setiap orang dapat mengetahui perkembangan yang setiap saat terjadi.

Related

Technology 5598361540786861625

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item