Tips agar Tidak Mengantuk di Siang Hari (2)

 Tips agar Tidak Mengantuk di Siang Hari

Naviri.Org - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Tips agar Tidak Mengantuk di Siang Hari 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Menjaga pola makan yang sehat dan konsisten

Dalam upaya mencegah kantuk di siang hari, Anda tidak cukup hanya menjaga waktu tidur yang cukup dan konsisten, namun juga perlu menjaga pola makan yang sehat dan sama konsisten. Pastikan Anda sarapan setiap pagi, juga makan pada siang hari, dan upayakan pada waktu yang sama setiap hari.

Sarapan yang cukup menjadikan tubuh Anda fit sepanjang setengah hari, dan makan siang yang sama cukup akan membantu tubuh tetap bugar sampai sore menjelang. Sementara pada waktu malam, usahakan Anda makan malam setidaknya 3 jam sebelum tidur.

Olah raga

Menggerakkan tubuh untuk berolah raga menjadikan tubuh mengeluarkan energi, dan itu menjadikan Anda lebih mudah tertidur pada malam hari. Jika olah raga ditujukan untuk tidur yang lebih nyaman, Anda bisa memilih aerobik. Olah raga semacam aerobik (yang memiliki gerakan berulang) dipercaya dapat membantu tubuh lebih tenang dan mudah jatuh tertidur di malam hari.

Olah raga juga memberi energi dan membantu Anda berpikir lebih tajam. Meski begitu, sebaiknya lakukan olah raga pada pagi atau sore hari. Kalau pun Anda berolah raga pada malam hari, setidaknya tidak berdekatan dengan waktu tidur.

Perbaiki jadwal harian

Apa yang menjadikan Anda sulit tidur dalam jumlah cukup? Kesibukan? Pekerjaan? Jadwal kegiatan yang sangat banyak? Jika Anda memang memiliki berbagai kesibukan, sehingga Anda sering kurang tidur, Anda bisa menyusun ulang jadwal harian Anda. Perbaiki yang masih bisa diperbaiki, sehingga Anda tidak terus menerus mengorbankan waktu tidur.

Kegiatan atau kesibukan yang biasa dilakukan pada malam hari, cobalah dipindah ke waktu lain yang memungkinkan, sehingga Anda tidak terlalu sibuk saat malam menjelang. Delegasikan beberapa hal yang mungkin bisa dikerjakan orang lain. Tinggalkan urusan-urusan yang tidak penting. Tidur dalam jumlah cukup akan menunjang kesehatan dan produktivitas Anda, sehingga Anda dapat bekerja dengan lebih baik sekaligus lebih banyak. Sebaliknya, kurang tidur hanya akan memboroskan waktu bekerja, namun produktivitas menurun.

Tidur siang yang baik

Saat merasakan kantuk yang luar biasa pada siang hari, tentu saja Anda bisa tidur sejenak di sela-sela waktu istirahat kerja. Namun, yang perlu diingat, tidur siang tidak bisa dilakukan terlalu lama, karena bisa membuat Anda kesulitan tidur pada malam hari. Begitu pula, tidur siang sebaiknya dilakukan saat masih siang. Tidur siang yang dilakukan terlalu sore akan memunculkan masalah sulit tidur pada malam hari.

Rileksasi dan mediasi

Melakukan kegiatan rileksasi sebelum tidur malam bisa mengajari tubuh untuk membedakan waktu tidur dari aktivitas sehari-hari, khususnya yang membuat stres. Dalam hal melakukan rileksasi, Anda bisa melakukan meditasi, berendam di air hangat, mendengarkan musik tenang, atau meminum secangkir teh herbal.

Jika itu dilakukan secara rutin, perlahan-lahan tubuh akan mengenali bahwa kebiasaan itu merupakan waktu menjelang tidur. Pada akhirnya, saat Anda mulai melakukan hal tersebut, tubuh Anda pun akan lebih mudah diajak tidur.

Temui dokter atau ahli tidur

Semua tip yang diuraikan di atas mempersepsikan bahwa Anda sering mengantuk pada siang hari karena memiliki masalah tidur pada malam hari. Karenanya, semua tip di atas adalah upaya menjaga agar Anda bisa tidur dalam jumlah yang cukup pada malam hari, sehingga tidak mudah mengantuk pada siang hari.

Namun, jika Anda sudah tidur dalam waktu cukup dan nyenyak setiap malam, tetapi Anda masih sering mengantuk pada siang hari, ada kemungkinan Anda memiliki masalah atau gangguan tidur. Untuk hal itu, sebaiknya temui dokter atau ahli tidur, dan konsultasikan masalah Anda, untuk mengetahui masalah atau penyebab sebenarnya.

Related

Health 551253679291730178

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item