10 Hal yang Paling Dicari di Internet Sepanjang 2016

10 Hal yang Paling Dicari di Internet Sepanjang 2016

Naviri.Org - Segala hal tersedia di internet, termasuk berita tentang apa saja. Berita bahkan bisa dibilang “melimpah ruah” di internet, karena ada berjuta-juta situs yang menyediakannya. Namun, untuk menemukan berita yang diinginkan, kita membutuhkan sarana. Dan sarana yang bisa dipakai adalah mesin pencari, semisal Google.

Di internet, Google bahkan menjadi mesin pencari yang sangat populer, yang digunakan banyak orang di berbagai negara. Tahun ini, Google Indonesia merilis daftar pencarian sepanjang tahun. Tony Keusgen, Managing Director Google Indonesia, menyatakan, “Tahun ini pencarian Google Indonesia didominasi oleh momen dan perspektif.”

Ia menyampaikan, pencarian sepanjang tahun ini dilakukan baik melalui ponsel maupun komputer desktop. Pencarian terbagi ke dalam 16 kategori, yaitu tokoh, berita lokal, berita internasional, selebriti, lagu, film, meme, atlet, resep, teknologi, aplikasi, game, gawai, dan otomotif. Berikut ini sepuluh hal yang paling dicari di internet, sepanjang 2016.

Pokemon Go

Pokemon Go adalah game yang diperkenalkan pada pertengahan tahun 2016, yang segera menarik perhatian banyak orang. Peluncuran game ini bahkan sempat menciptakan histeria. Pokemon Go adalah game di ponsel yang mengharuskan pemain mencari monster-monster yang tersebar di berbagai tempat. Yang menjadikan Pokemon Go sangat menarik, karena game ini menggabungkan Augmented Reality, Global Positioning System, dan kamera ponsel dalam permainnanya.

Gerhana matahari

Pada 9 Maret 2016, terjadi fenomena gerhana matahari total yang melintasi 11 provinsi di Indonesia. Fenomena alam yang jarang terjadi itu pun menjadikan banyak orang tertarik dan penasaran. Selama waktu itu, berbagai aktivitas penelitian dan peneropongan dilakukan banyak orang di Indonesia, baik melalui alat khusus ataupun alat sederhana buatan sendiri.

Timnas Indonesia

Sepanjang tahun 2016, Tim Nasional Sepak Bola Indonesia berkali-kali melakukan pertandingan, termasuk Piala AFF. Hal tersebut juga menarik perhatian banyak orang Indonesia, khususnya para pengguna internet. Mereka tentu ingin tahu bagaimana kabar tim kebanggaan Indonesia ini.

Gempa Aceh

Pada 11 Desember 2016, gempa tektonik melanda provinsi Daerah Istimewa Aceh. Wilayah Aceh tampaknya kerap mengalami gempa, dan pada penghujung tahun 2016 kembali terjadi gempa, kali ini berkekuatan 6,5 Skala Richter. Gempa itu menyebabkan banyak bangunan hancur dan jalanan retak, khususnya di daerah Pidie dan Bireun. Gempa itu juga menewaskan lebih dari 100 orang.

Donald Trump

Donald Trump terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat, setelah memenangkan pemilu pada November 2016. Dia diusung oleh Partai Republik, dan berhadapan dengan Hillary Clinton yang diusung Partai Demokrat. Donald Trump bisa dibilang sosok kontroversial, dan kemenangannya menjadi presiden membuat banyak orang makin penasaran dengannya.

Mukidi

Mukidi adalah sosok yang menjadi tokoh dalam cerita-cerita komedi. Pada pertengahan akhir tahun 2016, sosok Mukidi tiba-tiba populer, khususnya di Twitter. Dampak dari hal itu adalah banyaknya orang yang penasaran dengan Mukidi, dan mencarinya langsung di internet melalui Google. Hasilnya, Mukidi masuk dalam daftar 10 hal yang paling dicari di internet tahun ini.

Demo 4 November

Pada 4 November 2016, terjadi aksi demonstrasi yang dilakukan oleh umat Islam. Demo yang dilakukan di kawasan Monas Jakarta itu dilatari protes terhadap Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, yang dinilai menista Al-Qur’an. Demonstrasi itu bisa dibilang besar, karena melibatkan banyak orang dari luar Jakarta. Karenanya, berita tentang hal itu pun menarik banyak perhatian.

Rio Haryanto

Nama Rio Haryanto banyak disebut-sebut di Indonesia, setelah menjadi salah satu pembalap di gelaran Formula 1 atau F1. Dia merupakan pembalap muda Indonesia yang berhasil mencetak sejarah, karena menjadi pembalap pertama Indonesia yang mengikuti F1. Karenanya, sosoknya pun segera menarik perhatian banyak orang. Sayangnya, Rio Haryanto harus berhenti di tengah musim karena terganjal masalah dana.

Jessica Kumala Wongso

Jessica Kumala Wongso adalah wanita yang dituduh membunuh temannya sendiri, Wayan Mirna Salihin. Mereka sama-sama berada di Cafe Olivier, Grand Indonesia, dan Mirna tewas setelah menyeruput kopinya. Jessica Kumala Wongso kemudian dituduh sebagai pembunuhnya, dengan bukti keberadaan sianida di gelas Mirna. Sejak itu, kasus terkait Jessica banyak disorot masyarakat, hingga masa-masa pengadilannya.

Joey Alexander

Joey Alexander adalah bocah ajaib asal Indonesia. Pianis muda ini membuat kagum Indonesia bahkan dunia, karena berhasil menjadi salah satu nominator Grammy Award 2016. Joey Alexander juga sempat bermain di panggung Grammy Awards, pada awal tahun 2016.

Baca juga: 10 Artis yang Paling Dicari di Internet Sepanjang 2016

Related

News 1491904334358290737

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item