Dua Cara Kuno yang Ajaib untuk Menaklukkan Tantangan Dunia Modern (Bagian 1)

Dua Cara Kuno yang Ajaib untuk Menaklukkan Tantangan Dunia Modern

Bagaimana cara sukses dan survive di era modern? Ternyata ada dua cara kuno yang usianya ribuan tahun, dan efektif untuk menaklukkan tantangan kehidupan digital di era modern ini. Apa saja dua cara klasik yang powerful ini? 

Pertama-tama harus dipahami, agar sukses di era modern, kita harus memiliki kekuatan fokus dan rentang atensi yang panjang. Rentang atensi maksudnya adalah kita punya kemampuan untuk menekuni sebuah action secara mendalam dan atensi yang panjang. 

Tanpa kekuatan fokus dan attention span yang panjang, kita akan mudah menyerah dalam perjuangan melakukan action. Tanpa kemampuan attention span yang prima, kita akan gagal melakukan action secara konsisten.

Lalu bagaimana cara menumbuhkan kekuatan fokus dan rentang atensi kita, agar mampu membantu kita menjalani sesuatu dengan tekun dan konsisten? Kita bisa menumbuhkannya dengan latihan menguatkan otot fokus dan rentang atensi kita (attention muscle).

Seperti halnya kerja otot manusia, fokus dan rentang atensi ternyata punya pola kerja yang mirip. Jika tidak pernah dilatih, maka otomatis fungsinya akan makin melemah. Sialnya, selama ini otot fokus dan rentang atensi kita malah dilatih oleh layar smartphone untuk hanya fokus pada hal-hal yang super pendek dan dangkal. Otomatis kekuatan otot fokus dan rentang atensi kita juga akan makin pendek dan melemah.

Kita harus merebut kembali kekuatan otot fokus dan rentang atensi kita. Kita harus berjuang menumbuhkan kembali kekuatan otot fokus dan rentang atensi ini, sebab kita paham betapa pentingnya peran mereka dalam perjalanan menjadi sukses.

Ada dua cara kuno nan klasik yang bisa dijalani untuk menguatkan otot fokus dan rentang atensi kita agar lebih tangguh.

Latihan pertama adalah menumbuhkan kebiasaan membaca buku atau tulisan/makalah/artikel panjang (long-form article) dengan tebal halaman yang relatif panjang (misal 50 halaman).

Puluhan studi ilmiah telah dilakukan untuk melacak berbagai dampak positif kegiatan membaca terhadap penguatan daya kongisi dan pikiran kita. Salah satu temuannya adalah, kegiatan membaca buku atau artikel panjang (atau melakukan proses deep reading) sangat membantu meningkatkan kekuatan fokus dan rentang atensi (attention span) kita. 

Alasannya barangkali sederhana, kebiasaan membaca buku dengan tebal halaman yang cukup panjang, pelan-pelan melatih otak kita untuk bisa menyimak sebuah gagasan secara panjang dan mendalam juga.

Dampak positif lain dari kebiasaan membaca buku yang ditemukan dalam serangkaian studi adalah membuat kita lebih kreatif, memiliki problem solving yang lebih kuat, wawasan lebih luas dan mendalam, pikiran lebih open-minded, lebih menghargai keberagaman, dan juga membuat pelakunya lebih bahagia.

Namun, satu dampak khusus yang berkaitan dengan latihan penguatan fokus adalah karena kebiasaan membaca buku atau artikel panjang membuat daya fokus dan attention kita makin tangguh. Kebiasaan membaca akan membuat kita bisa membangun kekuatan untuk menekuni aktivitas kunci secara terfokus, dan dengan rentang atensi yang panjang, sehingga hasilnya juga lebih optimal.

Dari uraian di atas, kita jadi paham, kebiasaan membaca buku atau artikel panjang bukan saja membuat wawasan kita makin bertambah, namun ada dampak tersembunyi lain yang juga krusial, yakni kebiasaan itu akan membuat kita lebih mudah membangun fokus dan attention span yang panjang – dua elemen kunci untuk membuat kita menjadi pribadi yang makin tekun dan konsisten saat menjalani sebuah aktivitas kunci, apapun jenis aktivitas kunci ini.

Baca lanjutannya: Dua Cara Kuno yang Ajaib untuk Menaklukkan Tantangan Dunia Modern (Bagian 2)

Related

Inspiration 5996571728927155559

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item