Bagaimana Gempa Bumi Menciptakan Tsunami?

Bagaimana Gempa Bumi Menciptakan Tsunami?

Naviri.Org - Gempa bumi adalah getaran atau bergoyangnya bumi yang kita pijak. Sementara tsunami adalah gelombang besar air laut yang naik ke darat. Ada gempa bumi yang tidak diikuti tsunami, ada pula gempa bumi yang diikuti tsunami. Mengapa bisa terjadi perbedaan seperti itu? Dan bagaimana gempa bumi menciptakan tsunami?

Gempa bumi berasal dari kedalaman bumi. Semakin besar dan dangkalnya gempa, umumnya semakin besar potensi tsunami. Tapi dalam beberapa kasus, besaran kekuatan gempa juga tidak selalu erat kaitannya dengan besaran potensi tsunami.

Sebenarnya, apa yang menjadi kriteria gempa yang berpotensi tsunami, dan seperti apa yang tidak?

Gempa pada dasarnya terjadi karena bentuk kulit bumi yang terbelah-belah dalam lempengan. Lempengan-lempengan ini dapat bergerak secara perlahan dan menabrakkan diri satu sama lain.

Ketika suatu saat bagian dari lempengan-lempengan yang bertubrukan tersebut tidak memiliki ruang untuk bergerak, maka mereka akan meluapkan getaran energi dan terjadilah gempa bumi.

Gempa dapat menyebabkan tsunami apabila aktivitas seismik menyebabkan tanah di sepanjang arah jalur patahan gempa itu bergerak naik turun. Ketika lapisan tanah di dasar laut juga ikut bergerak secara vertikal, air akan ikut bergerak dan menghasilkan energi yang kemudian keluar dalam bentuk ombak besar atau tsunami.

Setelah tercipta, gelombang terbelah dengan tsunami yang jauh bergerak ke laut terbuka, sementara tsunami lokal bergerak menuju pantai terdekat. Kecepatan ombak bergantung pada kedalaman air, tapi biasanya, ombak meluncur melintasi samudra dengan kecepatan antara 600 dan 800 km/jam.

Namun jika gempa bumi hanya menyebabkan permukaan tanah bergerak secara horizontal, kemungkinan besar tidak akan menimbulkan tsunami.

Penyebab lain tsunami termasuk tanah longsor dan ledakan bawah tanah. Jenis gelombang lainnya, yang disebut mega-tsunami, disebabkan oleh tanah longsor di atas air atau ke gletser.

Kejadian mega-tsunami terbesar yang pernah tercatat melanda Teluk Lituya Alaska pada tahun 1958. Sebuah gempa bumi memicu kejadian tanah longsor yang mengungsikan begitu banyak air, sehingga ombak yang dihasilkan mencapai 500 meter.

Tsunami sebagian besar disebabkan oleh gempa yang terjadi di zona subduksi. Daerah di mana lempengan samudera yang lebih padat meluncur di bawah lempengan benua yang lebih ringan. Kejadian ini menyebabkan perpindahan vertikal dari dasar laut dan kolom air di atasnya.

Sebagian besar zona subduksi di dunia berada di Samudera Pasifik yang berbatasan dengan Oceania, Asia, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Lingkaran ini dijuluki sebagai "Cincin Api Pasifik" karena konsentrasi gejolak geologisnya.

Karena Samudra Atlantik memiliki zona subduksi jauh lebih sedikit daripada Pasifik, tsunami di Atlantik jarang terjadi, namun masih mungkin terjadi. Penyebab yang paling mungkin adalah gempa yang menciptakan longsor di kapal selam yang akan menggantikan sejumlah besar air dan memicu gelombang.

Tsunami tidak ada hubungannya dengan gelombang yang dihasilkan angin seperti yang biasa kita lihat saat melihat ombak. Ini adalah satu set gelombang laut yang disebabkan oleh perpindahan air yang cepat.

Gempa bumi adalah hal yang rumit sehingga para ilmuwan tidak dapat memprediksinya, atau setidaknya belum.

"Karena kita tidak bisa memprediksinya, yang bisa kita lakukan adalah bersiap," kata Don Blakeman, ahli geofisika USGS.


Related

Science 4709414741476957067

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item