Apa yang Disebut Algoritma Komputer?

Apa yang Disebut Algoritma Komputer?

Naviri.Org - Sebagai pengguna komputer dan internet, kita pasti sering mendengar atau menemukan istilah “algoritma”. Para blogger, misalnya, kadang membicarakan algoritma Google yang sedang berubah, sehingga berdampak pada kenaikan atau penuruan trafik blog. Di Facebook, istilah algoritma juga kerap disebut-sebut, khususnya oleh para pebisnis yang memajang jualannya di situs media sosial tersebut.

Jika melihat istilah itu lekat dengan komputer dan internet, maka algoritma tentu terkait dengan komputer. Tapi apa sebenarnya yang disebut algoritma?

Penjelasan mengenai apa itu algoritma bisa dijelaskan dengan uraian berikut ini:

“Untuk membuat komputer melakukan apapun, kamu perlu menulis sebuah program komputer. Untuk menulis program komputer, kamu perlu memberitahu komputer, langkah demi langkah, persis seperti apa yang kamu inginkan. Komputer kemudian ‘mengeksekusi’ program tersebut, mengikuti tiap langkah secara mekanis untuk menyelesaikan tujuan akhirnya. Ketika kamu memberitahu komputer apa yang harus dilakukan, kamu dapat memilih bagaimana hal tersebut dilakukan. Di sanalah algoritma komputer hadir. Algoritma merupakan teknik dasar yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan.”

Kutipan di atas merupakan penjabaran istilah komputer yang disebut “algoritma.” Di masa ini, algoritma komputer terasa sangat penting. PageRank dari Google ialah salah satu algoritma paling tersohor yang sukses membantu umat manusia mencari informasi dari internet dengan jauh lebih mudah.

Selain PageRank, perihal apa yang disajikan Facebook di halaman muka akun kita masing-masing juga merupakan ulah dari algoritma. Atau, rekomendasi video apa yang sekiranya kita suka di Youtube dan playlist yang muncul di sesi “Discover Weekly” di akun Spotify kita.

Baca juga: Asal Usul Artificial Intteligence (Kecerdasan Buatan)

Related

Technology 9101077724043728533

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item