Negara-negara yang Warganya Jarang Punya Toilet

Negara-negara yang Warganya Jarang Punya Toilet

Naviri.Org - Sebagai kebutuhan penting, setiap rumah mestinya punya toilet. Namun, kenyataannya, ada banyak rumah yang tidak memiliki toilet. Akibatnya, kebutuhan buang air besar menjadi terhambat. Ini tentu saja masalah. Kebutuhan buang air besar bisa muncul sewaktu-waktu. Ketika kebutuhan itu datang, sementara tempat untuk melakukannya tidak ada, lalu bagaimana?

Ada beragam alasan dan latar belakang mengapa sebagian rumah tidak memiliki toilet. Bisa karena ketiadaan dana, karena ketiadaan tempat (misal rumahnya sangat sempit), bisa pula karena kebiasaan, misal rumahnya dekat sungai dan biasa buang air besar di sungai. Apa pun alasan dan latar belakangnya, hingga saat ini masih banyak rumah yang tidak memiliki toilet.

Menurut laporan Wateraid.org yang berjudul It's No Joke: The State of the World's Toilets 2015, terdapat 2,3 miliar penduduk di dunia masih tak memiliki toilet pribadi atau hampir sepertiga penduduk dunia.

Bila melihat dari perbandingan penduduk yang tidak memiliki toilet dengan total populasi, maka negara-negara di Afrika menduduki posisi teratas. Di Sudan Selatan, sekitar 93,3 persen dari populasi negara tersebut tak memiliki toilet pribadi. Setelahnya disusul Niger atau sekitar 89,1 persen dari populasi tak memiliki toilet pribadi.

Sedangkan jika dilihat dari jumlah penduduk, maka India adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak yang tak memiliki toilet pribadi. Cina menempati posisi ketiga dengan jumlah 329,8 juta penduduk. Di posisi ketiga ada Nigeria dengan 130 juta penduduk yang tak memiliki akses ke toilet pribadi.

Indonesia juga masuk dalam daftar negara-negara yang punya akses minim terhadap toilet pribadi. Dalam laporan wateraid tersebut, Indonesia berada persis di bawah Nigeria dengan 100,1 juta penduduk yang tak memiliki toilet pribadi.

Konsekuensinya, bila tak ada toilet maka penduduk memilih untuk melakukan buang air besar di sembarang tempat atau di ruang terbuka. Dalam laporan itu menyebutkan penduduk di Asia menjadi yang paling banyak melakukan buang air sembarangan berdasarkan rasio per kilometer persegi.

Dalam deretan 10 besar tersebut, terdapat lima negara Asia seperti India, Nepal, Kamboja, Pakistan dan Indonesia. India menjadi yang terbanyak melakukan buang air besar di ruang terbuka, yakni 173 orang per satu kilometer.

Indonesia berada di posisi ke-10 dengan 27 orang per kilometer yang melakukan buang air besar di ruang terbuka atau sembarangan. Dalam laporan Antara, khusus Jakarta, terdapat sekitar 1 juta penduduk yang buang air besar secara sembarangan.

Dari sisi masyarakat, pada dasarnya tak jauh berbeda dengan India, karena kesadaran untuk membangun toilet masih sangat rendah. Salah satu alasannya karena tak memiliki dana yang cukup. Selain itu, kebiasaan buang air besar di sungai dan tempat lainnya sulit ditinggalkan karena sudah menjadi kebiasaan.

Kebiasaan ini tentu memengaruhi kondisi kesehatan lingkungan yang buruk. Penyakit yang kemudian muncul misalnya diare. Menurut laporan UNICEF, pada 2013, lebih dari 340 ribu balita meninggal karena diare akibat kurangnya kebersihan lingkungan. Selain itu bisa juga menyebabkan penyakit kolera.

Baca juga: Bercerai Gara-gara di Rumah Tidak Ada Toilet

Related

World's Fact 6182267077986301730

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item