Perbedaan Sekuel, Prekuel, Remake, hingga Cross-over

Perbedaan Sekuel, Prekuel, Remake, hingga Cross-over

Naviri.Org - Kalau suka menonton dan mengikuti film-film Hollywood, kemungkinan besar kita akan akrab dengan istilah-istilah yang biasa lekat dengan film-film Hollywood. Yang paling sering muncul adalah istilah prekuel, reboot, remake, spin-off, hingga cross-over.

Saat muncul sebuah film yang populer, biasanya Hollywood akan memunculkan sekuelnya, hingga film itu memiliki seri yang kadang sampai berderet-deret. Selain sekuel, ada pula prekuel. Jika sekuel adalah lanjutan suatu film (yang biasanya populer), maka prekuel adalah film yang merupakan awal film tadi.

Contoh film-film yang memiliki sekuel di antaranya Pirates of Caribbean dan Transformer, yang memiliki seri sampai berderet-deret.

Kebalikan dari sekuel, prekuel adalah sebuah film yang menceritakan kejadian sebelumnya. Contohnya adalah trilogi The Hobbit sebagai prekuel untuk trilogi The Lord of The Rings, atau film Monster University sebagai prekuel dari Monster.

Sedangkan remake kadang disamakan dengan reboot, padahal keduanya mengandung perbedaan. Salah satunya, tidak mesti memakai nama yang sama. Contohnya film The Departed yang disutradarai Martin Scorsese adalah remake dari film Hong Kong berjudul Internal Affairs. Tujuannya demi keuntungan lebih. Kadang juga demi modernisasi teknologi film seperti pada remake film King Kong di 2005 untuk memperbaiki film yang sama yang diproduksi pada 1933.

Spin-off mengarah pada film yang fokus atas suatu kejadian atau karakter pendukung yang tanpa diduga menjadi ikon dari sebelumnya/yang jadi rujukan utama. Biasanya juga karena karakter itu punya pendukung fanatik sendiri yang cukup kuat. Contohnya trilogi The Scorpion King (dari The Mummy) atau film animasi Penguins of Madagascar.

Kemudian cross-over, adalah film yang mempertemukan beberapa karakter yang sebelumnya sudah terkenal dan dimunculkan di film lain. Contohnya adalah Alien vs. Predator, The Avengers, Justice League, atau Freddy vs Jason.

Baca juga: Persoalan Film Hollywood yang Kian Membosankan

Related

Film 221604565765836685

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item