Sejarah dan Asal Usul Es Krim di Dunia

Sejarah dan Asal Usul Es Krim di Dunia

Naviri.Org - Siapa yang tak kenal es krim? Di mana-mana, kudapan ini bisa ditemukan, dan siapa pun bisa menikmati es krim dengan berbagai rasa, dengan berbagai harga. Bentuknya yang lembut, rasanya yang nikmat, serta harganya yang rata-rata terjangkau, menjadikan es krim populer di mana-mana, dan banyak orang yang menggemari.

Dari mana, dan bagaimana asal usul es krim, hingga kita kenal di dunia?

Ada banyak versi tentang sejarah es krim. Kudapan populer ini disebut-sebut dibuat oleh bangsa Cina sejak 3.000 tahun Sebelum Masehi. Menurut sejarawan John Ayto dalam buku An A to Z of Food and Drink, es krim dari Cina ini menyebar ke Eropa melalui Italia. Berkat siapa lagi kalau bukan Marco Polo. Warga Italia mengenal es krim pada abad ke-13. Es krim mereka disebut sebagai gelato.

Menurut buku The Great American Ice Cream Book, resep es krim beredar luas berkat buku dari Perancis, L'Art de faire des Glaces. Diperkirakan buku ini berasal dari era 1700-an. Di sana ada cara pembuatan es krim beraneka rasa: aprikot, mawar, cokelat, dan juga karamel. Es krim juga memiliki resep yang berbeda. Di Perancis, es krimnya hanya memakai kuning telur. Membuat teksturnya lebih lembut, nyaris seperti mayonaise. Sedangkan di Philadelphia, hanya menggunakan putih telurnya.

Dulu yang bisa mengudap es krim adalah kaum bangsawan dan keluarga kerajaan. Atau paling tidak para saudagar kaya. Pelarian paling efektif bagi keluarga biasa adalah dengan mengudap salju yang dituang madu, atau salju yang dimakan bersama buah-buahan tumbuk. Es krim tetap merupakan penganan langka dan mahal hingga freezer dan mesin pembuat es krim diciptakan di abad ke-19.

Penemuan itu membuat es krim menempuh jalan yang berbeda. Pabrikan menghasilkan es krim dalam jumlah yang besar, dengan pembuatan yang cepat dan efisien. Kini es krim bukan lagi penganan yang susah dicari. Bukan pula monopoli keluarga kaya dan keluarga kerajaan.

Bagaimana asal usul es krim di Indonesia?

Tak ada catatan pasti yang bisa memberitahukan kapan pertama kali es krim masuk ke Indonesia. Namun bisa dipastikan bahwa banyaknya populasi warga Belanda pada zaman dulu punya andil dalam menyebarkan es krim di Indonesia.

Kebanyakan kota yang punya kedai es krim adalah kota dengan populasi warga Belanda yang tinggi. Jember sejak dulu dikenal sebagai pemasok tembakau dan kopi bagi Belanda. Sedangkan Malang adalah tempat tetirah meneer Belanda. Kota seperti Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Batavia juga adalah kota yang amat penting bagi Belanda.

Karena itu di kota-kota tersebut banyak ditemukan kedai es krim. Tapi kedai es krim yang banyak itu rontok satu per satu. Hanya tersisa sedikit. Itu pun masih dikepung oleh produk es krim pabrikan yang harganya murah dan praktis.

Baca juga: Rahasia Aneh di Balik Kesuksesan KitKat di Jepang

Related

Insight 2809732838617689786

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item