Adegan Ciuman Pertama yang Direkam Dalam Film

Adegan Ciuman Pertama yang Direkam Dalam Film

Naviri.Org - Adegan ciuman sepasang pria-wanita bisa dibilang hal biasa dalam film, khususnya saat ini. Nyaris semua film yang kita tonton memperlihatkan adegan ciuman. Di zaman sekarang, adegan ciuman bahkan dianggap hal biasa, sehingga banyak pula film yang juga memasukkan adegan seks ke dalamnya.

Terkait adegan ciuman dalam film, sejak kapan adegan itu muncul, dan terdapat dalam film apa?

Ternyata, munculnya adegan ciuman dalam film telah dimulai seratusan tahun lalu, bahkan ketika teknologi film masih sangat terbatas. Adegan ciuman dalam film itu juga memicu kegemparan di kalangan masyarakat.

Adegan ciuman pertama kali dalam film terjadi pada tahun 1896, berjudul The Kiss (dikenal juga dengan istilah the may irwin kiss, the rice-irwin kiss, dan the widow jones). The Kiss juga termasuk salah satu film komersial pertama di dunia, yang ditampilkan ke masyarakat umum.

Film ini berdurasi sekitar 18-20 detik. Cukup pendek untuk ukuran sebuah film, itu terjadi pada tahun 1800-an gan, ketika teknologi film belum secanggih sekarang. Film tersebut menggambarkan ciuman antara May Irwin dan John Rice, dari adegan terakhir panggung musikal, The Widow Jones.

Film tersebut disutradarai oleh William Heise untuk Thomas Edison. Pada saat itu, Edison sedang bekerja di studio Black Maria di daerah West Orange, New Jersey.
Dan pada tahun 1999, film pendek tersebut dijadikan sebagai arsip film nasional Amerika Serikat.

Film ini berisi ciuman dengan sentuhan close-up dari sepasang pria-wanita, diikuti kecupan kecil pada bibir. Untuk ukuran zaman itu, adegan tersebut dianggap sangat vulgar, hingga dikecam sebagai adegan cabul, dan menyebabkan Gereja Katolik Roma menyerukan penyensoran dan reformasi moral. Pada zaman itu, berciuman di muka umum bahkan dapat menyebabkan penuntutan oleh pihak-pihak tertentu.

Film itu juga menyebabkan kegemparan di masyarakat, bahkan beberapa surat kabar yang memajang potongan adegan tersebut di headline-nya menjadi sasaran kemarahan warga, hingga kantor koran bersangkutan meminta polisi untuk memberikan keamanan.

Meski begitu, beberapa tahun kemudian adegan di film The Kiss diikuti oleh banyak "peniru", termasuk di film The Kiss in the Tunnel (1899) dan The Kiss (1900).

Baca juga: Film-film Jadul Indonesia dengan Adegan Terpanas

Related

Film 7695436153474075651

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item