Battlefield Earth, Film Hollywood Paling Buruk

Battlefield Earth, Film Hollywood Paling Buruk

Naviri.Org - Jika berbicara tentang film yang memiliki kualitas buruk, Battlefield Earth seakan-akan sudah menjadi 'ikon'. Saat perilisan perdana pada 12 Mei 2000, film ini bahkan langsung dicap buruk oleh para kritikus film.

Bahkan Roger Ebert, dari Chicago Sun-Times, mengibaratkan menonton Battlefield Earth seperti menaiki bus yang penuh orang yang tidak pernah mandi. Film ini juga mengalami Box Office Bomb, hanya mendapatkan 29 juta dolar dari anggaran produksinya yang sebanyak 73 juta dolar.

Saat ajang Golden Raspberry Award (penghargaan untuk film yang dianggap buruk), Battlefield Earth mampu mengalahkan rekor yang dipegang oleh Showgirls, dengan mendapat total delapan nominasi, dan menang tujuh, di antaranya Film Terburuk, Sutradara Terburuk, Naskah Terburuk, dan Aktor Terburuk.

Battlefield Earth memang pantas dimahkotai sebagai film terburuk sepanjang sejarah. Baik dari segi produksi, penyutradaraan, hingga hasil Box Office-nya betul-betul gagal total.

Salah satu yang paling banyak dikritik dari Battlefield Earth adalah segi sinematografinya. Giles Nuttgens, yang membuat film ini, mengaku menggunakan sisi kamera yang berlebihan dan miring dalam Battlefield Earth untuk membuat film terlihat 'mahal', karena Battlefield Earth adalah film termurah yang pernah dia kerjakan. Film Nuttgens rata-rata berbiaya di atas 50 juta dolar.

Juga tidak dilupakan akting para pemain yang sama mengerikan dengan sinematografinya. Jika pembuatan dan akting sudah sedemikian buruk, datanglah naskah dan dialog-dialog yang terkesan bodoh dan tak berguna.

Jika melihat tampilan efek visualnya, para penonton mungkin berpikir mereka sedang menonton film TV yang diputar di bioskop. Sebegitu buruk efek visual dalam film ini, hingga Roger Christian (sutradara) memilih malam hari untuk adegan pertempuran manusia dengan Psychlos, guna menyembunyikan efek visual yang buruk dalam kegelapan.

Yang lebih parah, film ini mendapat skor 2.4/10 di situs IMDb, dan masuk ke dalam list ''100 Film Terburuk IMDb''. Sungguh disayangkan, popularitas aktor sekelas John Travolta ternyata tak mampu mendongkrak film ini.

Baca juga: 100 Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa

Related

Film 8402664481271228708

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item