Film-film Bagus Tentang Survival/Bertahan Hidup

 Film-film Bagus Tentang Survival/Bertahan Hidup

Naviri.Org - Terdampar di sebuah pulau terasing tanpa satu orang pun, dan bertahan hidup sendirian di sana, kira-kira bagaimana rasanya? Atau, terombang-ambing di tengah lautan, berharap ada kapal yang mendekat dan memberi pertolongan, sementara hari terus berganti dan pertolongan tak juga datang. Bagaimana rasanya? Bayangkan pula sekelompok orang yang bertahan hidup di padang salju, tak bisa pulang, sementara segerombolan serigala membuntuti mereka.

Kisah-kisah semacam itu tentu saja sangat menegangkan, bahkan meski kita hanya menyaksikannya dalam film. Selain menghibur, film-film bertema survival atau bertahan hidup juga kerap memberi pelajaran penting bagi penontonnya. Tentang arti hidup, harapan, kemampuan bertahan dalam penderitaan, dan keyakinan bahwa setiap orang selalu mampu melewati masa-masa paling pahit.

Berikut ini adalah daftar film bagus yang menceritakan survival atau bertahan hidup, yang mengasyikkan untuk ditonton.

1. Life of Pi (2012)

Bercerita tentang seorang pemuda bernama Pi. Ia mengalami kecelakaan kapal yang menyebabkannya terombang-ambing di atas perahu kecil, bersama seekor macan. Ia harus menemukan cara untuk bertahan hidup bersama macan tersebut.

Hidup Pi sangat menarik. Ayahnya seorang ateis, ibunya beragama Hindu. Pi sendiri menganut tiga kepercayaan, yaitu Islam, Kristen, dan Hindu. Kisah ini adalah petualangan Pi dalam mencari jati dirinya dan Tuhan.

2. Cast Away (2000)

Seorang pria bernama Chuck Noland mengalami kecelakaan pesawat yang menyebabkan ia terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni. Jauh dari rumah, kekasih, keluarga, dan semua kontak dengan manusia.

Ia harus menghadapi tantangan, baik secara fisik, mental, dan segala emosinya, untuk bertahan hidup di pulau tersebut. Siapa sangka, hidup tanpa ditemani manusia seorang pun ternyata bisa menimbulkan kesepian yang amat mendalam.

3. Unbroken (2014)

Louis Zamperini adalah seorang pelari andal. Ia telah memenangkan berbagai perlombaan dan olimpiade. Saat perang dunia sedang bergejolak, Louis memutuskan untuk ikut berperang membela negaranya.

Selama perang, ia mengalami kecelakaan pesawat yang menyebabkan dirinya terombang-ambing di tengah laut selama 47 hari bersama dua rekannya. Setelah itu, ia juga harus menghadapi berbagai rintangan dalam menjadi tahanan perang Jepang.

4. The Pianist (2002)

Berdasarkan kisah nyata, tentang zaman Nazi yang penuh penderitaan orang Yahudi. Seorang pianis harus mengubur impiannya untuk sementara, saat perang dunia sedang bergejolak. Setelah keluarganya dibantai dan kotanya dihancurkan, ia harus bertahan hidup di tengah puing-puing kota yang telah porak-poranda.

Endingnya tidak terduga, dan sulit untuk diungkapkan kata-kata. Meski film ini sangat suram, namun juga mengajarkan betapa pentingnya harapan.

5. Into The Wild (2007)

Setelah lulus dari Universitas Emory, seorang pelajar dan atlet terbaik, Christopher McCandless, meninggalkan segala kehidupan kota, dan memberikan tabungannya sebesar $24.000 untuk disumbangkan. Ia telah meninggalkan segala kemewahan dan hasrat duniawi.
Lalu Christopher memutuskan untuk pergi ke hutan Alaska, dan hidup di sana. Dalam petualangannya, Christopher menemukan berbagai hal yang membentuk jati dirinya.

6. The Revenant (2015)

Pada tahun 1823, bulu binatang merupakan barang yang sangat mahal harganya. Banyak pemburu yang datang dan menjelajah hutan untuk mendapatkan bulu-bulu tersebut. Salah satunya adalah tim berburu milik Hugh Glass. Namun, tim tersebut mengalami musibah, saat Hugh Glass diserang dan dicabik-cabik seekor beruang.

Karena medan yang sulit, ia ditelantarkan rekan satu timnya. Hugh Glass benar-benar menderita secara fisik dan batin. Kini ia harus bertahan hidup di tengah hutan salju sendirian. Apa yang kira-kira membuat seseorang dapat bertahan di kondisi tersulit? Kisah ini diangkat dari cerita rakyat di Amerika.

7. Buried (2010)

Paul adalah seorang supir truk yang bekerja di Irak. Suatu hari, ia diserang oleh sekelompok orang tak dikenal, dan terbangun di sebuah peti di bawah tanah. Ia mencoba bertahan hidup hanya dengan berbekal handphone dan senter.

Udara terus menipis, sementara orang yang ada di dunia luar tak kunjung menolongnya. Apakah Paul akan selamat? Kira-kira bahaya apa yang menanti dirinya di bawah tanah? Bagaimana cara Paul menyelamatkan dirinya?

8. The Grey (2011)

Sebuah pesawat mengalami kecelakaan di Alaska. Enam pekerja minyak, dipimpin seorang pemburu andal, mencoba bertahan hidup di tengah-tengah padang salju yang sangat dingin.

Selain itu, bahaya yang dahsyat telah menanti mereka. Sekumpulan serigala liar selalu menghantui setiap langkah. Bagaimana cara mereka bertahan hidup?


Related

Film 770868234715178492

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item