Hati-hati, Google dan Facebook Merekam Semua Data Kita

 Hati-hati, Google dan Facebook Merekam Semua Data Kita

Naviri.Org - Berselancar di internet tidak beda dengan jalan-jalan di dunia nyata. Bedanya, jalan-jalan di dunia nyata kemungkinan tidak meninggalkan jejak yang mudah dikenali, sementara jalan-jalan di dunia maya akan meninggalkan jejak digital yang lengkap dan bisa dilihat serta ditelusuri dengan mudah. Setidaknya, Google dan Facebook memiliki semua rekaman jejak digital kita di internet.

Setelah heboh dengan kasus bocornya data Facebook yang digunakan untuk kampanye pemilihan presiden Amerika Serikat, sekarang semua mata tertuju pada data-data apa saja yang dimiliki oleh Facebook dan Google. Bersiaplah untuk tercengang, karena kita akan tahu seberapa banyak informasi yang disimpan kedua raksasa internet itu tanpa kita sadari.

Google taku kita pernah ke mana saja

Kalau kita menyalakan tracking location ketika ponsel menyala, kita bisa melihat linimasa dimana pun kita pernah berada. Mulai dari hari pertama kita menggunakan Google di ponsel, karena Google menyimpan data tersebut.

Untuk mengeceknya, bisa lihat di https://www.google.com/maps/timeline?pb

Google tahu apa saja yang pernah kita cari dan hapus

Ketika memasukkan keyword ke mesin pencari Google, mereka menyimpan data apa saja yang kita cari, bahkan sudah terintegrasi dengan semua gawai yang kita punya. Misal, kita habis search di ponsel, pencarian itu juga akan muncul di komputer. Bahkan kalau histori pencarian itu sudah dihapus, datanya masih tersimpan.

Untuk mengeceknya, bisa lihat di https://myactivity.google.com/myactivity

Google membuat iklan berdasarkan profil kita

Iklan dibuat Google berdasar semua informasi kita, meliputi lokasi, jenis kelamin, hobi, karier, ketertarikan, status hubungan, penghasilan, bahkan berat badan kita. Data ini juga yang dipakai pengiklan digital agar pemasaran produknya tepat sasaran (berlaku juga di IG dan tempat lain).

Untuk mengeceknya, bisa lihat di https://adssettings.google.com/authenticated

Google menyimpan informasi tiap aplikasi yang kita pakai

Google bisa tahu seberapa sering kita memakai aplikasi tersebut, dimana kita menggunakannya, dan dengan siapa kita berinteraksi melalui aplikasi tersebut. Artinya, dengan siapa kita mengobrol di Facebook, dengan orang dari negara mana kita ngobrol, dan lain-lain, bahkan bisa tahu jam tidur kita.

Untuk mengeceknya, bisa lihat di https://myaccount.google.com/permissions?pli=1

Google punya semua histori YouTube kita

Semua data dan histori dari YouTube kita disimpan semua oleh Google. Jadi mereka bisa tahu apakah kita akan segera menjadi orangtua, apakah kita konservatif, progresif, agama kita apa, apakah kita merasa depresi, dan lain-lain.

Cara mengetahui apa saja data kita yang disimpan Google

Google menawarkan pilihan untuk mengunduh semua data yang mereka simpan tentang kita. Data-data itu bisa diunduh dalam bentuk file word, dan ukurannya besar, sekitar 5,5 GB.

Dari mana datanya? Jawabannya seperti yang disebut di atas. Termasuk juga bookmark, email, file Google Drive, video YouTube, foto dari ponsel, bisnis atau produk yang kita beli, kalender, riwayat lokasi, situs web yang kita buat, ponsel yang pernah dipunyai, page atau tulisan yang pernah di-share, hingga berapa langkah yang kita lalui dalam satu hari.

Untuk mengeceknya, bisa lihat di https://takeout.google.com/settings/takeout

Facebook juga begitu

Facebook juga memberi pilihan untuk men-download semua data dan informasi kita yang mereka simpan. Ini semua termasuk tiap pesan yang pernah kita kirim, FB Messenger, file yang kita kirim, kontak dari ponsel kita, dan audio yang pernah kita kirim.

Parahnya, FB bisa mengakses webcam dan mikrofon kita. Data yang mereka kumpulkan juga termasuk di mana kita berada, aplikasi yang kita instal, dan di mana serta buat apa kita menggunakannya. FB juga bisa mengakses email, kalender, games yang kita mainkan, foto, video, music, histori, pencarian, dan radio yang kita denger

Untuk mengunduh semua data itu, bisa membuka halaman ini: https://www.facebook.com/help/131112897028467

Baca juga: Belajar dari Skandal Bocornya Data di Facebook

Related

Internet 6894766466395367606

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item