Orang Kaya-Raya Paling Misterius di Dunia

Orang Kaya-Raya Paling Misterius di Dunia

Naviri.Org - Setiap tahun, Majalah Forbes merilis daftar orang-orang paling kaya di dunia, dari yang teratas di posisi 1 sampai di posisi 500 atau bahkan lebih lagi. Daftar dan posisi itu ditentukan dari jumlah harta atau kekayaan masing-masing orang yang masuk daftar tersebut. Bill Gates, misalnya, selama bertahun-tahun terus menduduki peringkat teratas dalam daftar yang disusun Forbes.

Umumnya, orang-orang kaya yang ada dalam daftar Forbes mudah dilihat sosoknya, karena foto-fotonya tersebar di mana-mana. Begitu pula, orang bisa mempelajari kisah kehidupan mereka, apa bisnis atau pekerjaan mereka, bagaimana cara mereka mendapat kekayaan, karena ada banyak berita dan artikel yang terbit terkait hal itu.

Tetapi, ada satu orang kaya-raya di dunia, yang sosoknya sangat misterius. Dia tidak pernah dilihat siapa pun, sosoknya tidak pernah tampak dalam foto atau dalam media apa pun, dan orang-orang sedunia bahkan tidak tahu siapa dia sebenarnya. Sosok kaya-raya namun misterius itu bernama Satoshi Nakamoto. Bahkan nama itu pun diyakini sebagai nama samaran atau bukan nama asli.

Satoshi Nakamoto adalah orang yang menciptakan dan mengenalkan Bitcoin, yang kini menjadi mata uang virtual paling terkenal dan paling mahal di dunia.

Pada pertengahan menjelang akhir tahun 2017, nilai satu Bitcoin setara dengan $8.117,62 atau Rp 109.884.230. Besarnya harga Bitcoin itu salah satunya disebabkan oleh mekanisme permintaan dan penawaran yang terjadi. Bitcoin memiliki nilai yang menjulang, selepas ia menjadi idola mata uang digital banyak orang.

Sistem pembentukan harga Bitcoin mirip seperti apa yang terjadi pada investasi di bidang emas ataupun saham. Keuntungan terjadi manakala harga jual lebih tinggi daripada harga beli. Satoshi Nakamoto, pencipta Bitcoin yang hingga saat ini belum diketahui sosok sebenarnya, menjadi salah satu sosok pemilik Bitcoin terbesar. Ia diduga memiliki 980.000 Bitcoin.

Jika mengkomparasikan dengan harga Bitcoin saat ini, keuntungan investasi yang dimiliki Nakamoto kini telah menyentuh angka lebih dari $7,9 miliar. Uang sebesar itu menempatkan Nakamoto berada di posisi ke-202 orang paling kaya sedunia, versi Majalah Forbes. Ia unggul dibandingkan sosok Jay Y. Lee, pemimpin de facto Samsung. Meski begitu, seperti yang disebut tadi, siapa Satoshi Nakamoto masih misterius.

Baca juga: Petro, Uang Digital Pertama yang Diterbitkan Pemerintah

Related

Money 6010477389033425043

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item