Poveglia, Pulau Indah dengan Sejarah Kelam

Poveglia, Pulau Indah dengan Sejarah Kelam

Naviri.Org - Pulau Poveglia adalah pulau kecil yang terletak di antara Venice dan Lido di Laguna Venezia, sebelah utara Italia. Sejak berabad-abad lalu, Poveglia dijadikan sebagai tempat yang multifungsi, mulai untuk menampung pengungsi, benteng pertahanan, penjara, dan tempat membuang para penderita penyakit aneh, sekaligus pemakaman.

Pada tahun 1348, ketika wabah Bubonic menyerang Italia, Pulau Poveglia menjadi penampungan para penderita penyakit tersebut. Begitu pula, ketika wabah Black Death mulai masuk Italia pada tahun 1603, Pulau Poveglia juga dijadikan sebagai tempat untuk mengisolasi orang-orang yang terkena wabah, dengan tujuan agar tidak menyebar ke seluruh kawasan Italia. Fungsi karantina pada Pulau Poveglia masih digunakan hingga memasuki abad ke-20.

Pada 1922, di pulau itu dibangun sebuah rumah sakit jiwa. Namun, pada 1968, rumah sakit jiwa itu ditutup. Sejak itu, Pulau Poveglia menjadi tempat yang sepi dan terabaikan. Sejak itu pula, berbagai cerita mistis beredar di kalangan masyarakat, yang menyebut bahwa di pulau itu sering terdengar jeritan, tangisan, dan hal-hal lain yang mengerikan.

Terlepas dari semua itu, Pulau Poveglia sebenarnya tempat yang sangat indah dengan pemandangan menakjubkan. Namun, pulau itu tertutup bagi siapa pun. Bukan karena cerita-cerita mistis yang banyak beredar, melainkan untuk menjauhkan kemungkinan terjadinya penularan penyakit yang bisa jadi masih tertinggal di sana.

Poveglia, Pulau Indah dengan Sejarah Kelam

Lihat juga: Tangan Raksasa di Gurun Paling Sepi dan Kering di Dunia

Related

Traveling 4663133932265445129

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item