Apple Newton, Produk Apple yang Gagal Total

Apple Newton, Produk Apple yang Gagal Total

Naviri.Org - Apple adalah perusahaan besar dan terkenal yang menghasilkan produk-produk populer di dunia, dari iPhone hingga iPad. Merek yang menggunakan lambang apel tergigit ini begitu berpengaruh di dunia teknologi, hingga apa pun yang mereka buat bisa dipastikan akan langsung menarik perhatian dunia.

Tetapi, ternyata, tidak semua produk Apple pasti sukses di pasaran. Salah satu produk Apple yang mengalami kegagalan menyedihkan adalah Apple Newton, yang diproduksi pada 1993. Apple Newton merupakan satu dari sejumlah produk gagal Apple, selain printer Apple, Apple scanner, Apple QuickTake Camera, dan lain-lain.

Newton merupakan sistem operasi asisten pribadi pertama yang dibuat Apple untuk tablet MessagePad. Perangkat genggam berbekal stylus ini turut dilengkapi dengan aplikasi Notes, Names, dan Dates. 

Menurut Fred Vogelstein dalam Apple vs Google (2015), sistem operasi asisten pribadi pertama Apple Newton menjadi sebuah terobosan kala itu. Namun, gawai ini tak laku di pasaran. Masalahnya bukan harganya yang mencapai seribu dollar. Tapi karena bobot yang terlalu berat untuk gawai portabel seukuran saku, serta baterai yang cepat habis. Ditambah lagi, piranti lunak Apple tak mampu mengenali tulisan tangan dengan baik. Padahal fitur inilah yang digadang-gadang sebagai unggulan Newton.

Newton merupakan satu dari sekian banyak produk gagal keluaran Apple ketika perusahaan itu dikelola oleh John Sculley, Michael Spindler, dan Gil Amelio. Waktu itu Steve Jobs sudah menyatakan keluar. Ketika Jobs kembali ke Apple pada 1997, ia langsung menutup proyek Newton.

Langkah Jobs masuk akal, sebab Newton sejak awal kalah saing dengan laptop dan agenda elektronik semacam PalmPilot yang ukurannya kecil, harganya terjangkau, dan punya baterai yang tahan lama. Meski begitu, Newton menjadi cikal bakal iPad dan iPhone yang saat ini jadi mesin uang Apple.

Baca juga: Sejarah dan Asal Usul Perusahaan Apple

Related

Business 1612467656442523539

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item