Paul Buchheit, Sosok di Balik Penemuan Gmail

Paul Buchheit, Sosok di Balik Penemuan Gmail

Naviri.Org - Di internet, ada beragam layanan email yang disediakan situs-situs terkenal. Google menyediakan layanan email bernama Gmail. Yahoo menyediakan layanan email serupa, dengan nama Ymail atau Yahoo Mail. Ada pula AltaVista, Plaza, dan lain-lain, yang semuanya menyediakan layanan email yang bisa digunakan secara gratis.

Di antara banyak layanan email di internet, Gmail bisa dibilang yang paling populer dan paling banyak digunakan. Bagaimana asal usul penciptaan Gmail, dan siapakah pencipta atau penemunya?

Gmail, layanan email dari Google, diluncurkan tepat pada “April Fool Day” 2004. Larry Page, pendiri Google, mengatakan bahwa Gmail diciptakan atas banyaknya keluhan pengguna Google yang menyatakan bahwa layanan email yang telah ada berkualitas buruk. Page pun mengatakan bahwa pencarian ialah aktivitas kedua pengguna di internet, sementara email nomor satu.

Paul Buchheit, karyawan nomor 23 Google, jadi penyelamat. Dialah sosok pencipta Gmail. Buchheit merupakan lulusan Case Western Reserve University, Cleveland, Ohio.

“Saya mulai mencoba menciptakan program email sebelum bergabung ke Google, mungkin sekitar tahun 1996,” terangnya pada Time. “Saya memiliki ide bahwa saya ingin menciptakan email berbasis web,” tambahnya.

Keinginan Buchheit akhirnya terkabul setelah ia bergabung ke Google. Gmail, yang diberi nama alias Caribou, dikerjakan Buchheit dalam beberapa minggu. Menurut penuturannya pada Time, Buchheit mengerjakan Gmail hingga merasa bosan.

Rasa bosannya nampaknya terbayar oleh pengguna Gmail yang begitu besar hari ini. Email kini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari banyak orang di era serba digital dan internet yang makin masif.

Baca juga: Kisah dan Kontroversi Terkait Penemuan E-Mail

Related

Internet 6476702739244779561

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item