Antonov Mriya, Pesawat Penumpang Terbesar di Dunia

Antonov Mriya, Pesawat Penumpang Terbesar di Dunia

Naviri.Org - Pesawat telah menjadi sarana transportasi paling cepat saat ini, khususnya jika dibandingkan dengan sarana transportasi lain seperti kendaraan darat atau kapal laut. Secepat-cepatnya kendaraan darat, kadang harus menghadapi kemacetan dan sering melalui jalan berkelok-kelok. Sedangkan kapal laut memiliki kecepatan yang terbatas, meski tidak menghadapi kemacetan seperti di darat.

Omong-omong soal pesawat terbang, ukuran sebuah pesawat akan menentukan sebanyak apa penumpang yang bisa diangkut. Semakin besar pesawat, tentu semakin banyak yang bisa masuk. Apa pesawat penumpang yang paling besar saat ini?

Pesawat penumpang terbesar di dunia adalah Antonov An-225 Mriya. Nama belakang pesawat ini, Mriya, dalam bahasa Ukraina berarti Mimpi atau Inspirasi.

Dahulu, pesawat ini digunakan untuk mengangkut pesawat ulang alik Buran, menggantikan Myasishchev VM-T. Namun, seiring bubarnya Uni Soviet pada tahun 1991, dan proyek Buran tidak dilanjutkan lagi pada 1993, pesawat ini terpaksa tidak beroperasi (tidak tampak) selama hampir 8 tahun.

Sebenarnya, pesawat ini ada dua. Namun hanya satu yang beroperasi (UR-82060). Pada tahun 2001, pesawat ini kembali dioperasikan dengan menjadi pengangkut penumpang, dengan nomor penerbangan UR-82060 (sebelumnya 82060) sampai sekarang.

Baca juga: Skandal Bocornya Data Rahasia Pesawat Tempur Amerika

Related

World's Fact 1095223708079585910

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item