Mengenal Kanjeng Ratu Kidul, Ratu Penguasa Pantai Selatan

Mengenal Kanjeng Ratu Kidul, Ratu Penguasa Pantai Selatan

Naviri Magazine - Kanjeng Ratu Kidul merupakan tokoh wanita yang dipercaya sebagai penguasa alam gaib. Istana ratu ini konon berada di pantai selatan pulau Jawa, sehingga banyak masyarakat yang menyebut dan memanggilnya Ratu Penguasa Pantai Selatan.

Ada yang mengatakan bahwa Ratu Kidul adalah wanita yang berasal dari Sunda, Jawa, atau Bali. Ada pula yang mengatakan wanita misterius ini adalah Dewi Nawang Wulan, yaitu bidadari yang menjadi istri Jaka Tarub.

Menurut cerita yang beredar, Ratu Kidul mempunyai seorang pembantu setia yang bernama Nyi Roro Kidul (versi lain menyebut bahwa Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul adalah orang yang sama).

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, sosok ratu ini merupakan wanita yang cantik dan baik. Dia telah menjaga daerah di sekitar pesisir pantai Samudera Hindia dari orang-orang yang akan berbuat buruk. Hal itu menjadikan orang yang berniat buruk di sekitar pantai akan berpikir dua kali sebelum melakukannya.

Asal usul Ratu Pantai Selatan masih simpang siur dan menjadi misteri. Sebagian cerita yang beredar mengatakan bahwa sosok Ratu Pantai Selatan adalah putri bangsawan yang berasal dari Kerajaan Siliwangi, namun ada sebagian masyarakat yang mempercayai bahwa sosok Ratu Kidul merupakan sosok gaib yang memiliki aliran putih.

Baca juga: Nyi Blorong, Wanita Misterius yang Dipuja Para Pencari Kekayaan

Related

Mistery 8008241304491106022

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item